Terungkap, Ini Arti Nama Sungai Aare

Terungkap, Ini Arti Nama Sungai Aare

Tim - detikInet
Minggu, 29 Mei 2022 19:05 WIB
Switzerland, Bern, Aare River, Landscape. (Photo by Giovanni Mereghetti/Education Images/Universal Images Group via Getty Images)
Sungai Aare. Foto: Giovanni Mereghetti/Getty Images
Jakarta -

Sungai Aare atau juga disebut Aar, adalah sungai terpanjang di Swiss dan seluruhnya berlokasi di negara itu. Sungai ini menjadi pembahasan di Indonesia terkait hilangnya Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di sana. Apa arti nama Aare ini?

Seperti dikutip detikINET dari Waterdatabase, nama Aare ternyata berasal dari suku kata bahasa Indo-Eropa atau India Eropa yaitu Aa, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah air.

Aa pada dasarnya adalah kata dari bahasa Jerman lama untuk setiap air yang mengalir. Banyak sungai kecil di Swiss disebut sebagai Aa atau memadukan nama Aa dengan nama lokal.

Berenang di Sungai Aare sudah menjadi tradisi dan budaya rakyat Swiss. Selain itu, menurut ilmuwan kualitas air sungai ini sangat bagus menurut standar Uni Eropa.

Perlu diketahui, Sungai Aare yang dipakai berwisata adalah yang mengalir dari Kota Thun ke Kota Bern sampai ke Danau Wohlensee. Untuk Thun dan Wohlensee kebanyakan adalah kegiatan berperahu, sementara untuk berenang di sungai hanya di wilayah Kota Bern.

Sungai Aare membelah Kota Bern dari daerah Muribad, lalu menyusuri sepanjang sisi utara Kota sampai Eymatt. Warna sungai ini terlihat biru.

Perairan Swiss kebanyakan memang berwarna biru, hijau, atau toska, tergantung pada waktu dan musim. Warnanya yang indah dihasilkan dari partikel glasial yang dikenal sebagai "rock flour" yang merefleksikan sektor biru-hijau dari spektrum cahaya.

Partikel gletser kecil, tenggelam perlahan ke dasar. Kemurnian air Sungai Aare juga memungkinkan partikel-partikel ini mudah masuk dan membaur. Warna sungai dan danaunya disebut paling indah di musim semi, ketika berwarna pirus atau zamrud saat gletser mulai mencair.



Simak Video "Sungai Aare di Google Maps Dibanjiri Review Negatif Netizen Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)