Video Drone Bunuh Diri AS Hancurkan Tank Rusia

Video Drone Bunuh Diri AS Hancurkan Tank Rusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 19:12 WIB
Drone Switchblade
Drone Switchblade. Foto: AeroVironment
Jakarta -

Ratusan drone bunuh diri Switchblade telah dikirimkan ke Ukraina sebagai bantuan dari Amerika Serikat. Drone kamikaze ini pun telah berlaga di medan perang dan diklaim menjadi momok pasukan Rusia.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat tentara Ukraina mengincar tank Rusia dan kemudian meluncurkan drone. Drone itu terekam mengarah ke tank Rusia, kemudian menabraknya.

Setelahnya, seperti dikutip detikINET dari Newsweek, Rabu (25/5/2022) terlihat asap putih mengepul dari sasaran. Kru tank tersebut sepertinya tewas dalam serangan ini.

"Tentara Ukraina mempublikasikan video langka drone bunuh diri dalam aksinya, yang kami identifikasi sebagai Switchblade 300 yang disuplai AS, menabrak tank T-72B3 Rusia dengan kru di atasnya," tulis Ukraine Weapons Tracker.

"Tank itu sepertinya tidak mengalami kerusakan yang serius, namun krunya sepertinya bernasib lain," tambah mereka di Twitter.

Switchblade mungkin sudah banyak beraksi di Ukraina, namun barangkali baru kali ini terekam dalam bentuk video. Drone Switchblade ini adalah buatan perusahaan AeroVironment dan menjadi salah satu andalan militer AS.

Ia dijuluki drone 'kamikaze' atau drone bunuh diri itu karena dapat menabrak target dengan hulu ledak tinggi sehingga keduanya pun hancur.

Switchblade 300 yang wujudnya cukup kecil didesain untuk mengincar personel manusia, sedangkan Switchblade 600 yang lebih besar ditujukan untuk menghancurkan tank dan kendaraan sejenisnya.

Drone Switchblade 300 yang lebih kecil, ukurannya 610 mm dan berat 2,7 kilogram, cukup mungil untuk dibawa tentara. Sayapnya terlipat dan baru terkembang saat mengudara. Ia dapat dioperasikan sampai jarak 10 kilometer.

Switchblade dapat diprogram untuk secara otomatis menuju ke sasaran yang berada di lokasi cukup jauh. Drone bunuh diri ini dapat pula bermanuver terlebih dahulu sambil menunggu waktu yang tepat untuk menabrakkan diri.



Simak Video "Zelensky Terima Undangan Jokowi untuk Datang KTT G20 Bali, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)