15 Tahun Google Street View, 220 Miliar Gambar Terekam

ADVERTISEMENT

15 Tahun Google Street View, 220 Miliar Gambar Terekam

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 13:20 WIB
Google Street View
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pavliha
Jakarta -

Google Street View saat ini sudah berusia 15 tahun dan selama itu juga sudah merekam dan memetakan jalanan di dunia lewat foto 360 derajat.

15 tahun lalu, Street View dimulai dari ide yang dicetuskan salah satu pendiri Google, Larry Page, untuk memetakan jalanan dunia dengan foto 360 derajat.

Sudah ada 220 miliar gambar terekam di database Street View, yang tersebar di lebih dari 100 negara dan teritori di berbagai belahan dunia. Namun Google tak berhenti berinovasi.

Untuk memperingati ulang tahunnya ke-15 ini, Street View meluncurkan sistem kamera baru, dengan kemampuan sama layaknya sistem kamera yang terpasang di mobil-mobil mereka, namun dengan bentuk yang jauh lebih kecil.

Kamera Google Street ViewKamera Google Street View baru. Foto: Dok. Google

Bobot sistem kamera ini kurang dari 7 kg, dan bisa dengan mudah dikirimkan ke berbagai lokasi di dunia. Google menyebut sistem kamera ini bisa dengan mudah dipasang di berbagai mobil yang dilengkapi roof rack, dan dioperasikan secara remote menggunakan perangkat mobile.

Sistem ini juga bersifat modular dan bisa diupgrade dengan berbagai fitur tambahan, seperti sensor Lidar untuk meningkatkan kemampuannya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (25/5/2022).

[Gambas:Youtube]



Saat ini sistem kamera baru ini tengah dijajal dan akan disebar ke berbagai negara mulai 2023 mendatang.

Selain sistem kamera baru, Google juga menambahkan fitur gambar historical Street view di perangkat Android dan iOS. Caranya mudah. Cukup men-tap sebuah foto untuk melihat informasi di lokasi tersebut, dan memilih 'See more dates' untuk melihat rekaman gambar sebelumnya di lokasi yang sama dan melihat berbagai perubahan yang terjadi.

Bagi Google, Street View dianggap sebagai langkah penting dalah usaha mereka untuk memetakan dunia. Memberikan pilihan bagi pengguna untuk melihat inforasi terbaru di seluruh dunia, juga memberikan layanan peta digital yang imersif dan intuitif.

Google juga memamerkan koleksi gambar terbarunya di Street View, yaitu tempat seperti Pyramids of Meroe di Sudan dan Les Invalides di Prancis, juga berbagai tempat populer lain di seluruh dunia yang sudah tersedia di Street View.



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT