Pendiri Kakao Kim Beom-Su Jadi Orang Terkaya Korea

Pendiri Kakao Kim Beom-Su Jadi Orang Terkaya Korea

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 14 Mei 2022 12:07 WIB
Pendiri Kakao Kim Beom-su
Pendiri Kakao Kim Beom-su dan salah satu karakter Kakao Talk. Foto: Financial Times
Jakarta -

Pendiri Kakao Kim Beom-su, untuk pertama kalinya berada di puncak daftar orang terkaya Korea tahun ini. Total kekayaan bersihnya adalah USD 9,6 miliar.

Pada Maret tahun ini, pria berusia 56 tahun itu mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri sebagai ketua di perusahaan, menyusul kontroversi yang membebani saham, karena situasi pandemi memicu besarnya permintaan akan layanan sosial dan fintech Kakao.

Laba bersih melonjak hampir 850% menjadi 1,6 triliun won pada tahun 2021 dari tahun sebelumnya dengan peningkatan penjualan 48% menjadi 6,1 triliun won.

Kakao masuk dalam deretan chaebol (konglomerat industrial besar) Korea sebagai perusahaan publik terbesar keenam di Korea Selatan, dengan kapitalisasi pasar USD 34 miliar.

Pendiri Kakao Kim Beom-suPendiri Kakao Kim Beom-su. Foto: Financial Times

Beom-su yang merupakan pengusaha mandiri, meluncurkan aplikasi perpesanan paling populer ini di Korea pada tahun 2010. Selanjutnya, bisnis Kakao diperluas ke berbagai sektor, termasuk pembayaran, perbankan, game, dan layanan transportasi online.

Dikutip dari Forbes, pada September, regulator antimonopoli negara itu meluncurkan penyelidikan terhadap Kim dan perusahaan induknya K Cube atas potensi pelanggaran perdagangan yang adil.

Tiga bulan kemudian, muncul laporan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki klaim oleh kelompok masyarakat sipil bahwa Kim telah menghindari pajak sebesar USD 740 juta. Kakao membantah tuduhan itu yang menurut mereka sama sekali tidak berdasar, dan pada Maret tuduhan itu diberhentikan oleh badan pajak nasional Korea.

Di tengah kekhawatiran tekanan peraturan yang meningkat, Kakao menunda pencatatan unit fintech Kakao Pay hingga November lalu, ketika mengumpulkan USD 1,3 miliar, dan tanpa batas waktu mendorong kembali IPO aplikasi Kakao Mobility.

Pada Maret, Beom-su menandatangani Giving Pledge untuk menyumbangkan lebih dari setengah aset pribadinya kepada masyarakat. Dia mengatakan dia sekarang berencana untuk fokus pada ekspansi bisnis global Kakao.



Simak Video "Danuri Jadi Nama untuk Pengorbit Bulan Pertama Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)