Bakal Jadi Barang Antik, iPod Klasik Dijual Miliaran Rupiah

Bakal Jadi Barang Antik, iPod Klasik Dijual Miliaran Rupiah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 11:30 WIB
iPod dari masa ke masa
Bakal Jadi Barang Antik, iPod Klasik Dijual dengan Harga Fantastis Foto: Apple
Jakarta -

Apple baru saja memensiunkan iPod Touch generasi terakhir dan mematikan lini iPod setelah 20 tahun. Pengumuman ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjual iPod bekas dengan harga gila-gilaan.

Salah satunya koleksi iPod yang dijual lewat eBay dengan harga USD 100.000 (sekitar Rp 1,4 miliar). Koleksi tersebut berisi empat iPod edisi terbatas, iPhone generasi pertama, iPod generasi kedua, iPod generasi ketiga, serta beragam aksesoris dan memorabilia Apple.

Penjualnya mengatakan iPod edisi terbatas yang dijual dalam koleksi tersebut dijual dengan kotak aslinya, dan semua produk Apple yang dijual masih berfungsi penuh.

"iPod seperti ini sudah sangat sedikit yang tersisa di dunia. Sungguh langka untuk kolektor Apple iPod," kata si penjual dalam deksripsinya di eBay, seperti dikutip dari Fortune, Jumat (13/5/2022).

iPod generasi pertama dijual dengan harga fantastisiPod generasi pertama dijual dengan harga fantastis Foto: Screenshot/detikINET

Banyak penjual lainnya yang menawarkan iPod generasi awal dan 'ultra-rare' dengan harga puluhan ribu dolar. Seperti iPhone generasi pertama edisi terbatas yang dijual dengan harga USD 45.000 dan ada penjual lain yang menawarkan iPod generasi pertama dengan harga USD 23.000.

iPod generasi pertama bisa dikenali dari layar hitam putih dan tombol kontrolnya yang unik. Tombol menu, play, next, dan previous dibentuk melingkar mengelilingi roda navigasi. iPod generasi pertama juga merupakan satu-satunya model iPod yang roda navigasinya bisa berputar secara fisik.

Tidak hanya iPod original saja yang dijual dengan harga selangit di eBay. Bulan lalu, iPod generasi keempat -- yang dirilis antara 2010 dan 2012 -- terjual dengan harga USD 6.573. Listing lain untuk model iPod yang sama juga terjual USD 5.954.

iPod yang dijual berkali-kali lipat dari harga aslinya tidak hanya ditemukan di eBay. Penjual juga memanfaatkan platform seperti Facebook Marketplace dan Etsy untuk menjual iPod lawas mereka dengan harga hingga lima digit.

Melihat fenomena ini, ahli barang koleksi Tracy Martin mengaku kaget dengan harga jual iPod yang mencapai puluhan ribu dolar. Menurutnya saat ini tidak banyak permintaan untuk iPod generasi pertama.

"Ada kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan iPod akan menjadi barang kolektor, tapi saya tidak bisa melihat harganya melambung tinggi -- mungkin paling mahal beberapa ratus dolar karena ada begitu banyak produk yang beredar," kata Martin.

"Mereka (iPod) akan diperjual belikan antara mereka yang menghargai sejarah dan perkembangan objek tersebut dan ingin memilikinya untuk tujuan nostalgia," sambungnya.



Simak Video "Selamat Tinggal, iPod Touch!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)