Siap-siap! Netflix Akan Tampilkan Iklan Mulai Akhir Tahun Ini

Siap-siap! Netflix Akan Tampilkan Iklan Mulai Akhir Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 15:48 WIB
Netflix
Siap-siap! Netflix Akan Tampilkan Iklan Mulai Akhir Tahun Ini Foto: Netflix
Jakarta -

Selama bertahun-tahun, Netflix mengatakan tidak akan menampilkan iklan di platform-nya. Tapi sepertinya prinsip itu akan berubah karena Netflix dikabarkan akan meluncurkan paket lebih murah yang menampilkan iklan.

Kabar ini terungkap dari memo internal perusahaan kepada karyawan, yang pertama kali dilaporkan oleh New York Times. Netflix sendiri belum lama ini mengumumkan telah kehilangan 200.000 pelanggan dan dikhawatirkan akan kehilangan dua juta pelanggan pada kuartal ini.

Untuk mengatasi jumlah pelanggan yang menyusut, Netflix berencana meluncurkan paket lebih murah tapi dengan iklan. CEO Netflix Reed Hastings awalnya mengatakan rencana ini masih akan dipikirkan dalam satu atau dua tahun mendatang.

Tapi, laporan New York Times mengungkap bahwa rencana itu justru dipercepat dan Netflix akan mengenalkan paket berlangganan dengan iklan pada tiga bulan terakhir tahun 2022.

Dalam memo internal untuk karyawan, eksekutif Netflix mencontohkan bagaimana kompetitor seperti HBO dan Hulu bisa menjaga brand mereka sambil menawarkan paket beriklan.

"Semua perusahaan streaming besar, kecuali Apple, telah atau telah mengumumkan layanan yang didukung iklan. Orang-orang menginginkan opsi dengan harga yang lebih murah, karena alasan yang bagus," tulis memo tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (11/5/2022).

Juru bicara Netflix mengatakan mereka tidak memiliki komentar terhadap memo tersebut. Tapi dalam emailnya kepada Gizmodo, raksasa streaming itu mengatakan sedang menjajaki paket dengan iklan untuk pengguna yang tertarik, tapi mereka tetap akan menawarkan paket tanpa iklan.

Juru bicara Netflix juga enggan berkomentar soal harga paket dengan iklan ini dan posisinya jika dibandingkan dengan paket yang sudah ada. Tapi New York Times mengatakan paket baru ini harganya akan lebih murah dari paket USD 15,49 per bulan yang paling populer.

Memo internal tersebut juga mengungkap rencana Netflix untuk menindak pengguna yang sering berbagi password dengan pengguna lain yang tidak tinggal serumah dengan membebankan biaya ekstra.

Netflix sebelumnya mengatakan ada lebih dari 222 juta rumah tangga yang merupakan pelanggan berbayar. Tapi ada lebih dari 100 juta rumah tangga yang menonton Netflix menggunakan akun orang lain tanpa membayar untuk akses.



Simak Video "Netflix Bakal Luncurkan Fitur Live Streaming?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)