Riset: Zoom Meeting Bikin Otak Beku dan Kurang Kreatif - Halaman 2

Riset: Zoom Meeting Bikin Otak Beku dan Kurang Kreatif

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Mei 2022 10:25 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Riset: Zoom Meeting Bikin Otak Beku dan Kurang Kreatif. Foto: Zoom

Studi Lapangan

Untuk studi lapangan, para insinyur menghasilkan ide terbaik saat mereka melakukan brainstorming di kantor. Salah satu cabang perusahaan di Polandia mengadakan sesi pengolahan ide di sebuah hotel, dan hal ini membuat karyawan tidak disiplin karena fokus mereka terpecah dengan keasyikan minum kopi dan makanan yang disediakan hotel.

Eksperimen lebih lanjut di laboratorium mengungkapkan hubungan antara kreativitas yang lebih besar dan seberapa banyak orang melihat sekeliling ruangan dan memperhatikan alat peraga yang tidak biasa, seperti poster kerangka dan semangkuk lemon. Bruck menduga bahwa pada panggilan Zoom, orang-orang terfokus pada layar dan wajah orang tersebut, sehingga membatasi pemikiran kreatif.

"Fokus visual adalah komponen besar dari fokus kognitif. Saat Anda fokus pada layar dan menyaring seluruh lingkungan, hal itu akan tertuang ke cara Anda mendekati tugas. Ini sangat buruk bagi kreativitas karena menghambat eksplorasi yang lebih luas," ujarnya.

Temuan ini menjadi bahan pemikiran saat perusahaan bergulat dengan perlu tidaknya kembali bekerja di kantor. Di sisi lain, konferensi video memang membantu orang berkolaborasi melintasi zona waktu dan dapat memangkas kebutuhan untuk bepergian.

Sementara itu, tidak jelas apakah dampak pada kreativitas ini berlaku juga untuk tim yang lebih besar atau tidak. Brian Uzzi, profesor kepemimpinan di Northwestern University di Illinois, mengatakan dampaknya pada dunia nyata bisa sangat besar.

Dia mendorong adanya pembagian kerja antara pertemuan tatap muka dan virtual untuk menyeimbangkan jadwal dan kebutuhan akan berkreativitas saat bekerja.

Namun dia juga mengingatkan untuk mempertimbangkan dari segi biaya. Karena jika pertemuan virtual lebih murah dibandingkan pertemuan langsung, hal ini memungkinkan lebih hemat biaya.

Brucks memberikan tips jika kita dituntut tetap kreatif meski bekerja secara virtual. Dia menyarankan agar orang dapat menyimpan lebih banyak tugas kreatif untuk pertemuan tatap muka, atau mematikan kamera ketika menemukan ide.

"Saya pikir itu akan membuka pemikiran yang lebih kreatif," tutupnya.



Simak Video "Jessi Rilis 'ZOOM', Lagu Soal Ketergantungan dengan Ponsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)