Rumor Ditangkap Polisi Menyebar, Jack Ma Masih Terdiam

Rumor Ditangkap Polisi Menyebar, Jack Ma Masih Terdiam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 07 Mei 2022 09:26 WIB
Jack Ma
Jack Ma. Foto: YouTube
Jakarta -

Isu bahwa Jack Ma ditangkap polisi membuat harga saham Alibaba sempat merosot drastis, hingga valuasinya terpangkas sampai sekitar USD 26 miliar. Jack Ma sendiri tidak berkomentar apa-apa soal permasalahan ini.

Awalnya, media pemerintah China memberitakan bahwa orang dengan nama belakang Ma diinvestigasi aparat karena dituding membahayakan keamanan nasional. Banyak yang menduga orang itu adalah Jack Ma.

Tak hanya di pemberitaan, media sosial juga ramai dengan rumor tersebut. Di media sosial terkenal China, Weibo, tagar mengenai penangkapan Jack Ma sempat menjadi trending papan atas.

Media Global Times yang juga dikendalikan oleh pemerintah China kemudian mengklarifikasi bahwa orang yang ditangkap bukan Jack Ma. Karakter namanya berbeda, tanggal lahir dan profesinya pun berbeda.

Namun di tengah semua kehebohan itu, Jack Ma masih terdiam. Dia tidak berkomentar apapun untuk menenangkan investor ataupun warga. Memang sejak mengkritik sistem keuangan China di tahun 2020, bisa dibilang dia tak pernah lagi berbicara di hadapan publik.

Menjelang akhir tahun silam, dia bepergian ke mancanegara, tanda bahwa dia orang yang bebas. Namun tetap saja ada anggapan bahwa sebagian dirinya menghilang karena Jack Ma yang dulu dikenal ceplas ceplos.

"Apa yang dimiliki oleh Jack Ma hanyalah kesunyian, yang merupakan sebuah cara istimewa untuk eksis," tulis seorang kolumnis Chian di WeChat, mempertanyakan mengapa Jack Ma tidak juga berbicara.

"Kesenyapan semacam ini dari sosok Jack Ma adalah signifikan. Untuk seorang figur publik, pidatonya merupakan tanda akan eksistensinya. Ketika seseorang tidak lagi berbicara, walaupun dia masih hidup, masih melakukan berbagai macam hal, tetap saja sebagian dari dirinya sudah lenyap," tulisnya seperti dikutip detikINET dari CNN.



Simak Video "Canggih! Petani Durian Ini Kontrol Tanamannya Lewat Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)