Ini Alasan Facebook Didominasi Warna Biru

Ini Alasan Facebook Didominasi Warna Biru

Tim - detikInet
Kamis, 05 Mei 2022 16:15 WIB
Mark Zuckerberg
CEO Meta Mark Zuckerberg. Foto: Associated Press
Jakarta -

Biru adalah warna yang mendominasi Facebook, dan warna ini juga yang dipakai di logo Meta -- induk Facebook -- yang menyerupai huruf M. Ada alasan tersendiri mengapa warna ini dipilih.

Pemilihan warna biru ini bukan tanpa sebab, pasalnya Mark Zuckerberg ternyata buta warna merah-hijau. Ini artinya, biru adalah warna yang paling mudah dikenali oleh Zuck.

"Biru adalah warna terkaya bagiku. Aku bisa melihat semua warna biru," ujar Zuckerberg, seperti dikutip detikINET dari The New Yorker.

Buta warna merah-hijau, atau Deuteranomalia, adalah kondisi medis yang sebagian besar bersifat genetik dan kemungkinan besar diwarisi dari ibu. Ada sekitar 6-8% pria di Bumi yang mengalami buta warna merah-hijau.

Penyebab buta warna merah-hijau ini adalah tidak adanya sel-sel kerucut hijau yang bekerja. Sehingga penderitanya cenderung melihat hijau sebagai krem dan merah sebagai kuning kecoklatan.

Tapi terbukti kok, ini tidak menentukan kesuksesan seseorang. Mark Zuckerberg telah membuktikannya. Banyak juga tokoh sukses lainnya yang mengalami kondisi buta warna merah-hijau adalah mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Christopher Nolan, sutrada film langganan box office misalnya Batman.

Kondisi buta warna pertama kali dicetuskan oleh John Dalton. Ia menggambarkan kebutaan warnanya sendiri pada tahun 1794. Sama dengan saudaranya, ia gagal membedakan warna scarlet (merah tua) dengan hijau dan merah muda dengan biru.

Setelah itu, DNA dari mata Dalton dianalisis pada tahun 1994 dan hasilnya kemungkinan besar ia memiliki defisiensi penglihatan warna tipe protan.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)