Elon Musk Beli Twitter, Jeff Bezos Bawa-bawa China

Elon Musk Beli Twitter, Jeff Bezos Bawa-bawa China

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 27 Apr 2022 07:06 WIB
Elon Musk Beli Twitter, Jeff Bezos Bawa-bawa China
Elon Musk Beli Twitter, Jeff Bezos Bawa-bawa China. Foto: Twitter/@jeffbezos
Jakarta -

Elon Musk membeli Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 635 triliun tunai. Jeff Bezos ikut berkomentar mengenai hal ini dan bawa-bawa pemerintah China. Kok bisa?

Jeff Bezos pada hari Senin lalu yang mempertanyakan apakah rekan miliardernya Elon Musk dapat membuat Twitter rentan terhadap tekanan dari China. Apalagi aktivitas bisnis Musk cukup luas di Asia terutama China.

"Pertanyaan yang menarik. Apakah pemerintah China baru saja mendapatkan sedikit pengaruh atas Town Square?" renung Bezos yang pada tahun 2013 membeli The Washington Post dengan tujuan untuk melindungi kebebasan berbicara dan mendukung jurnalisme.

Bezos yang merupakan Bos Blue Origin dan Founder Amazon ini berkomentar di atas retweet dari seorang jurnalis New York Times yang mencatat Tesla milik Musk sangat terekspos di China. China adalah pasar terbesar kedua Tesla, dan produsen mereka memasok suku cadang baterai untuk perusahaan Musk.

Bezos berbicara beberapa jam setelah Elon Musk menyegel kesepakatan USD 44 miliar untuk mengambil alih Twitter. Musk bahkan sudah bersumpah bahwa dia ingin mempertahankan platform sebagai tempat penuh kebebasan berbicara.

Kekhawatiran Bezos kemungkinan menyudut pada kemungkinan sensor soal kritik China di platform Twitter -- walaupun sebenarnya Twitter juga dilarang di negeri komunis tersebut. Namun, Bezos ternyata tidak yakin dengan pernyataannya sendiri soal pengaruh China.

Sembari menjawab pertanyaannya sendiri, dia turut memberikan pujian kepada Elon Musk.

"Jawaban saya sendiri untuk pertanyaan ini mungkin tidak. Hasil yang lebih mungkin dalam hal ini adalah kompleksitas di China untuk Tesla, daripada sensor di Twitter. Tapi kita lihat saja. Musk sangat pandai menavigasi kerumitan semacam ini," cuitnya.

Bezos dan Musk terkenal karena persaingan mereka di luar angkasa. Keduanya mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk eksplorasi ruang angkasa. Demikian melansir Daily Mail.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)