Nggak Selalu Konsumtif, Ini 4 Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan

Nggak Selalu Konsumtif, Ini 4 Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan

Atta Kharisma - detikInet
Minggu, 24 Apr 2022 09:00 WIB
Ilustrasi Cicilan
Foto: Kredivo
Jakarta -

Di zaman digital yang serba canggih seperti sekarang, mendapatkan cicilan tanpa jaminan sudah sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu fintech yang menawarkan layanan cicilan tanpa jaminan adalah Kredivo.

Sebagai fintech pelopor 'buy now, paylater' sejak tahun 2016, Kredivo sudah tumbuh menjadi fintech yang memiliki layanan #Sefleksibelitu, mulai dari cicilan 0% untuk paylater dalam 30 hari, dan cicilan 3 bulan, bunga rendah 2,6% untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulan, serta pinjaman tunai dengan tenor 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan.

Dengan layanan yang #Sefleksibelitu, mungkin tidak sedikit orang yang berpikir atau mengira kalau aplikasi cicilan tanpa jaminan seperti Kredivo hanya berlaku untuk penggunaan yang konsumtif. Ada pula stereotype punya cicilan berarti boros atau doyan belanja.

Padahal, cicilan tanpa jaminan tidak serta merta identik dengan kebiasaan buruk tersebut. Bahkan, ada manfaat yang dapat dirasakan lewat cicilan tanpa jaminan. Berikut ulasannya.

1. Langkah Awal Disiplin Mencicil

Sebagaimana yang sudah disebutkan, Kredivo memiliki berbagai macam jenis layanan kredit yang #Sefleksibelitu, dan bisa digunakan di ribuan merchant seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, iBox, Erafone, dan ribuan merchant online dan offline lainnya.

Jika Anda belum pernah merasakan pengalaman kredit, belum memiliki atau memakai layanan cicilan, berbagai layanan ini layak dicoba sebagai langkah awal untuk belajar mencicil dan mengatur keuangan sendiri.

2. Solusi Dana Darurat

Rata-rata aplikasi pinjaman dan cicilan tanpa jaminan, menawarkan proses pencairan yang cepat, yakni maksimal 1 x 24 jam, sama seperti fitur Pinjaman Tunai dari Kredivo. Proses pendaftaran dan waktu pencairan yang cepat itu membuat cicilan tanpa jaminan dari aplikasi fintech dapat diandalkan untuk segala kebutuhan darurat misalnya untuk rumah sakit, kendaraan rusak, atau renovasi rumah, tanpa harus merepotkan sanak saudara ataupun teman sekitar.

3. Meningkatkan Skor Kredit

Bukan cuma kartu kredit atau KTA dari bank saja yang bisa meningkatkan skor kredit, cicilan tanpa jaminan dari fintech seperti Kredivo juga bisa membantu meningkatkan skor kredit Anda. Tentunya dengan catatan Anda selalu tepat waktu dalam membayar, dan sering menggunakan layanan kredit.

Sebab, skor kredit akan berguna bagi Anda di masa depan apabila ingin mengajukan jumlah pinjaman yang lebih besar lagi, misalnya saja untuk KPR. Tanpa skor kredit, pengajuan pinjaman Anda kemungkinan besar akan ditolak oleh lembaga kredit terkait. Sebab, indikator nilai baik atau buruknya riwayat kredit Anda adalah skor kredit yang tercatat di BI checking.

Sebagai tips, untuk membentuk skor kredit positif serta arus keuangan lancar sebaiknya jangan mengambil dua kredit atau cicilan sekaligus dalam satu waktu. Tunggu dulu hingga satu cicilan berjalan minimal 3 bulan atau setengah periode dari masa tenor yang dipilih, baru setelahnya Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil kredit lainnya.

4. Modal Usaha atau Bisnis

Memanfaatkan cicilan tanpa jaminan dari fintech seperti Kredivo untuk modal usaha termasuk dalam kategori utang produktif. Namun, sebelum mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha pastikan Anda sudah memiliki perencanaan bisnis yang matang.

Selain itu, teliti lah dalam memilih fintech. Utamakan yang memberikan bunga rendah, mengingat sebuah bisnis baru membutuhkan waktu yang yang relatif lama hingga bisa menghasilkan keuntungan. Bunga yang rendah dapat meringankan beban angsuran yang harus Anda bayar per bulannya.

Sebagai tips, jika sumber modal berasal dari pinjaman sebaiknya mulai bisnis Anda dari yang skalanya kecil dan minim risiko, seperti jadi agen pulsa, toko sembako, jualan makanan, dropship atau reseller, hingga usaha franchise kecil-kecilan.

(fhs/fay)