Drone Paling Mengerikan Amerika Siap Dikirim ke Ukraina

Drone Paling Mengerikan Amerika Siap Dikirim ke Ukraina

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 19 Apr 2022 12:18 WIB
Drone MQ-9 Reaper
Drone MQ-9 Reaper. Foto: Getty Images
Jakarta -

Drone tempur telah menjadi senjata yang mujarab bagi militer Ukraina untuk menahan Rusia, terutama dengan Bayraktar TB2 buatan Turki. Namun jika benar Amerika Serikat akan mengirimkan salah satu drone buatannya yang paling menakutkan, Bayraktar TB2 dinilai seperti mainan jika dibandingkan.

Dalam kabar terbaru, Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat, Oksana Markarova, menyatakan pada Washington Post bahwa dia telah bertemu dengan produsen drone General Atomics untuk membicarakan kemungkinan drone mereka diperbantukan untuk Ukraina.

General Atomics adalah produsen drone tempur Predator dan suksesornya yang powerful, Reaper. Kedua drone itu adalah andalan Amerika Serikat dalam berbagai pertempuran yang dilakoninya.

"Kami berdiskusi dengan General Atomics tentang prospek untuk meningkatkan kapasitas Angkatan Bersenjata Ukraina dan juga mengenai kondisi terkini di Ukraina," kata dia, seperti dikutip detikINET dari Eurasiantimes, Selasa (19/4/2022).

Tidak disebutkan apakah ia meminta bantuan drone Predator dan Reaper, tapi mungkin saja demikian. Juru bicara General Atomic, Mark Brinkley, menyebut bahwa pengiriman semacam itu tentu harus mendapat izin dari pemerintah AS.

"Kami punya pesawat yang tersedia sekarang untuk segera dikirim. Dengan dukungan dari pemerintah AS, pesawat itu bisa berada di tangan Ukraina dalam hitungan hari," kata dia.

Jika benar Ukraina mendapat drone itu, akan sangat membantu mereka. Drone Reaper misalnya, bisa membawa beban sampai 1,7 ton, 10 kali lipat dibandingkan Bayraktar TB2.

Dikendalikan oleh pilot secara remote, MQ-9 Reaper bisa terbang sampai sekitar 400 kilometer per jam dan dapat menyerang di lokasi manapun serta memperlihatkan tayangannya. Tentunya, drone ini juga dapat melakukan misi pengintaian.

Halaman selanjutnya, teknologi drone Reaper>>>

Simak Video 'Rusia Klaim Hancurkan Pasokan Senjata dari AS-Eropa di Lviv':

[Gambas:Video 20detik]