Hobi Mengagetkan Bill Gates dan Jeff Bezos: Cuci Piring

Hobi Mengagetkan Bill Gates dan Jeff Bezos: Cuci Piring

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 11 Apr 2022 07:45 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 27:  Bill Gates attends the Plenary Session: Investing in Prevention and Resilient Health Systems during the second day of the 2015 Clinton Global Initiatives Annual Meeting at the Sheraton New York Hotel & Towers on September 27, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pendiri Amazon Jeff Bezos dan pendiri Microsoft Bill Gates termasuk orang paling kaya. Ternyata ada kebiasaan mengejutkan dari kedua orang itu, yaitu sama-sama suka cuci piring.

Bezos dan Gates dahulu pernah mengatakan kalau mencuci piring dan gelas adalah kebiasaan yang rutin mereka lakukan. Padahal kalau mau, mereka tinggal menyerahkan tugas itu ke orang lain.

"Aku mencuci piring setiap hari. Aku cukup yakin itu adalah hal terseksi yang aku lakukan," kata Bezos pada sebuah wawancara, yang dikutip detikINET dari Business Insider.

Bill Gates pernah juga mengutarakan hal yang sama. Bahkan ia mengaku menikmati acara cuci piring, tidak karena terpaksa.

"Aku mencuci piring setiap malam. Orang lain jadi sukarelawan untuk itu, tapi aku suka melakukannya dengan caraku," sebut Bill Gates.

Tak jelas apa sampai hari ini keduanya masih suka melakukan kegiatan itu dan kondisinya sudah berbeda, mengingat mereka sudah cerai dari istri masing-masing. Walau demikian, ternyata cuci piring memang kegiatan bermanfaat.

Aktivitas yang terlihat sepele ini menurut beberapa studi dapat meningkatkan kreativitas dan bikin rileks. Penelitian Florida State University menyebut bahwa para mahasiswa yang mencuci piring menurun tingkat stresnya sekaligus memicu inspirasi. Merasakan air hangat dan bau sabun dapat menstimulasi otak.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mencuci piring dengan fokus, seperti membaui sabunnya, merasakan suhu air, dan menyadari menyentuh piring ataupun gelas, meningkatkan inspirasi mereka sekitar 25% dan menurunkan rasa gugup sebanyak 27%.

"Sedangkan pada mereka yang mencuci piring asal-asalan tidak mendapatkan manfaat apapun dari kegiatan tersebut. Rupanya aktivitas sehari-hari jika dilakukan dengan niat dan secara sadar dapat memperbaiki tingkat fokus," tulis studi tersebut.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)