Bangga Banget! 2 Anak Muda RI Jadi Top Creator Dunia untuk Meta

Bangga Banget! 2 Anak Muda RI Jadi Top Creator Dunia untuk Meta

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 05 Apr 2022 22:38 WIB
2 Anak Muda RI Jadi Top Creator di Meta. Mereka adalah Spark AR Effects Madebyhumans dan Filterqu.
2 Anak Muda RI Jadi Top Creator Dunia untuk Meta (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Dua kreator asal Indonesia menjadi top creator dunia yang terpilih untuk kampanye global Meta. Bagaimana ceritanya?

Dua kreator asal Indonesia menjadi top creator dunia yang terpilih untuk kampanye global Meta. Mereka adalah sosok di balik Spark AR Effects Madebyhumans dan Filterqu, keduanya menjadi satu-satunya kreator yang membagikan kreasi bertema Ramadan -- resmi dari Instagram -- yang kini bisa dipakai oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

Dalam acara 'Kampanye Global Ramadan #BulanKebaikan dari Meta', Selasa (5/4/2022), Pieter Lydian Country Director Meta di Indonesia mengatakan bahwa kedua kreator ini adalah kreator yang membanggakan Indonesia.

"Mereka adalah anak Indonesia yang mendunia, top kreator indonesia yang mendunia. Mengapa? Untuk kampanye global, Meta bekerja sama dengan kreator untuk membuat AR Effect. Ini akan dipakai di seluruh dunia. Dari negara mana lagi yang terpilih dalam kampanye global Meta? Tidak ada, hanya Indonesia," kata Pieter.

Michael Andrian Creative Technologist yang merupakan pembuat Madebyhumans mengaku sangat bangga dengan terpilihnya Madebyhumans dalam kampanye ini. Dia pun membeberkan sejumlah masalah yang ia hadapi saat bekerjasama dengan kreator Dubai Amr Maskoun.

"Kita based on target tracking. Kita berkolaborasi dengan selebgram dari Dubai dan kita mau karya yang mudah di akses," ujar pria yang akrab disapa Mike ini.

"Untuk Meta, thank you for trusting us. Challenge project ini lebih ke arah design experience, biar bisa ke semua orang dan desain AR kita tidak ignoring real world itu sendiri," lanjutnya.

Ellen Livia pendiri Filterqu yang bekerjasama dengan RANS untuk membuat RANSmadan Run juga memberikan ceritanya. Bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, dia dan tim mulai menghasilkan AR Effect dalam waktu dua minggu.

"RANSmadan yan aku kembangkan kerjasama Meta dan RANS ini adalah game bisa dimainkan dengan menggerakan muka ke kanan atau ke kiri. Sambil ngabuburit bisa langsung nyobain gamenya seakan-akan kolaborasi sama Gigi ata Raffi, bisa juga pilih karakter Raffi atau Mbak Gigi," Ellen bercerita.

Dari segi tantangan, Ellen mengaku bahwa tema Bulan Kebaikan yang menjadi akar kampanye Meta ini yang membuatnya dan tim berpikir lebih keras.

"Satu, apa yang biasa di Bulan Ramadan ada? Paling makanan bukber. Kedua, bagaimana filter ini bisa diakses semua, language agnostic, dari anak kecil sampai dewasa," tandasnya.

Wah, wah, salut banget ya dengan pencapaian yang ditorehkan dua anak bangsa ini. Yuk AR creator lainnya, jangan ketinggalan buat karya yang tak kalah kerennya!



Simak Video "TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)