Solusi Lalu Lintas Cerdas Qlue Diganjar Penghargaan Internasional

Solusi Lalu Lintas Cerdas Qlue Diganjar Penghargaan Internasional

ADVERTISEMENT

Solusi Lalu Lintas Cerdas Qlue Diganjar Penghargaan Internasional

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 04 Apr 2022 06:45 WIB
Qlue meraih penghargaan  pada ajang GO SMART Awards 2022 berkat implementasi solusi lalu lintas cerdas yang diterapkan pada kawasan Alam
Sutera, Tangerang, Banten.
Qlue meraih penghargaan pada ajang GO SMART Awards 2022 berkat implementasi solusi lalu lintas cerdas yang diterapkan pada kawasan Alam Sutera, Tangerang, Foto: Qlue
Jakarta -

Solusi lalu lintas cerdas buatan Qlue yang diterapkan pada kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten diganjar penghargaan sebagai model smart city terbaik di dunia dalam ajang GO SMART Award 2022. Hebatnya lagi, Qlue menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang meraih penghargaan bertaraf internasional tersebut.

Ajang GO SMART Award 2022 ini diselenggarakan di Taipei, Taiwan, bertepatan dengan pelaksanaan Smart City Summit & Expo 2022 pada Maret 2022. Kegiatan rutin tahunan ini digagas oleh Global Organization of Smart Cities (GO SMART), sebuah organisasi global beranggotakan 94 pemerintah kota dan 110 pelaku industri smart city di seluruh dunia yang pembentukannya diinisiasi oleh Pemerintah Kota Taipei.

Solusi Qlue untuk penerapan model manajemen lalu lintas kawasan hunian yang diterapkan di Alam Sutera, Tangerang, mendapat perhatian dari para juri di antara 14 finalis lain yang berasal dari berbagai negara. Pasalnya solusi bernama Intelligent Mobility System For Township Management ini berhasil mengurangi tingkat kemacetan di Alam Sutera hingga 35%.

Dalam penerapan solusi tersebut Qlue menggunakan Dynamic Traffic Controller dan Illegal Parking Detection. Pemanfaatan solusi Dynamic Traffic Controller pada lampu lampu merah berhasil mengurangi rata-rata waktu tunggu pengendara hingga 47% dibanding sebelum implementasi teknologi tersebut.

Sedangkan teknologi Illegal Parking Detection yang dilengkapi fitur peringatan melalui pengeras suara sukses mengurangi tingkat parkir liar pada angka 42%. Nilai tambah krusial dari implementasi solusi Intelligent Mobility System ini adalah dampak terhadap pengurangan tingkat emisi gas buang yang secara langsung ikut menciptakan tempat tinggal yang lebih sehat untuk warganya.

"Konsep itu merupakan sesuatu yang sangat baik dan dieksekusi secara maksimal dalam menghadapi meningkatkan masalah transportasi perkotaan di negara-negara berkembang. Solusi seperti yang dikembangkan oleh Qlue ini tentu saja harus didukung dengan baik. Dewan
Juri juga dengan senang hati mendorong cerita sukses ini ke kota-kota di kota-kota berkembang dan bahkan kota maju di dunia untuk bekerja sama dalam mengejar kehidupan perkotaan yang lebih baik untuk warganya," ujar Sekretaris Jenderal GO SMART Leo Cheng-yu Lee.

Menanggapi penghargaan ini, Founder dan CEO Qlue Rama Raditya berharap teknologi yang digunakan dalam konsep Intelligent Mobility System for Township Management bisa menjadi standar baru bagi model pengelolaan lalu lintas yang modern dan berdampak nyata pada masyarakat.

"Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh GO SMART Award 2022 pada implementasi solusi yang kami lakukan. Penghargaan ini menjadi suplemen penyemangat tambahan bagi seluruh karyawan Qlue untuk dapat terus berinovasi demi menghadirkan solusi yang inklusif bagi masyarakat. Inovasi dan kreativitas ini tentu saja menjadi kunci bagi Qlue untuk mewujudkan visi mempercepat perubahan positif di Indonesia, dan juga di seluruh dunia," kata Rama.



Simak Video "Qualcomm Akan Dijajaki untuk Smart City di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT