Reaksi Gempa M 5,1 Malah Disangka April Mop

Reaksi Gempa M 5,1 Malah Disangka April Mop

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 16:17 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Gempa terkini di Banten berkekuatan M 5,1 terasa sampai Jakarta. Netizen pun menanggapi beragam, apalagi sedang bersiap menyambut Ramadan.

Menurut BMKG, gempa terkini di Banten berkekuatan magnitudo (M) 5,1. Gempa berpusat di 35 km Barat Daya Bayah, Banten.

Gempa terjadi pada Jumat (1/4) pukul 14.14 WIB. Titik pusat gempa dilaporkan berada di 7,14 Lintang Selatan (LS) dan 106,01 Bujur Timur (BT). Gempa ada di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Meski begitu, getaran gempa terasa di berbagai daerah, mulai di Jakarta hingga Tangerang Selatan (Tangsel). Daerah yang paling terasa getaran gempa adalah Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Gempa dirasakan 3 MMI di Pelabuhanratu. Gempa juga dirasakan 2 MMI di Jakarta dan Ciputat. Diketahui skala 2MMI artinya getaran dirasakan beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala 3MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Tidak heran, gempa langsung menjadi trending topic di Twitter sore ini, Jumat (1/4/2022). Ada 14.800 tweet soal gempa ini. Ada yang merasakannya, ada juga yang tidak.

Sebagian heboh karena gempa seolah menyambut datangnya bulan Ramadan. Sebagian lagi malah menyangka heboh gempa ini cuma April Mop.

Inilah beberapa reaksi netizen Indonesia di Twitter:

"Gua lagi pusing rebahan di mobil kirain goyang-goyang kenapa, ternyata gempa🙂," kata @sigit***.

"Gempa tanggal 1 April dianggap April Mop wkwk. Stay safe teman-teman yang terdampak," kata @rams***.

"Alasan karena gempa dan persiapan puasa ya bisa balik cepet wkwk," kata @dita***.

"Mungkin lagi terlalu fokus kerja yaa, sampai gempa ga berasa. Marhaban ya Ramadhan udah mau ketemu besok, tapi Allah masih berikan isyarat terus lewat guncangannya," kata @ffmuti***.

"Lagi dan lagi, gua nggak ngerasain adanya tanda-tanda gempa di sekitar gua," kata @hanif***.



Simak Video "Gempa Sukabumi Puncaki Trending Topic, Netizen: Stay Safe"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)