Salut, Janda Bos Toko Online Bagi-bagi Duit Rp 172 Triliun

Salut, Janda Bos Toko Online Bagi-bagi Duit Rp 172 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 30 Mar 2022 12:25 WIB
MacKenzie Scott
MacKenzie Scott. Foto: Getty Images
Jakarta -

Mackenzie Scott jelas sangat murah hati. Janda Jeff Bezos, pemilik toko online Amazon, telah menyumbangkan begitu banyak uang untuk kemanusiaan.

Mackenzie yang cerai dengan Bezos tahun 2019 ini, memang kekayaannya luar biasa besar karena mendapat bagian saham Amazon. Tepatnya, dia mendapatkan sekitar 4% saham toko online terbesar di dunia itu. Forbes pun mengestimasi bahwa seluruh hartanya pada saat ini berada di kisaran USD 50 miliar.

Seperti dikutip detikINET dari Market Watch, Rabu (30/3/2022) diperkirakan sampai saat ini, Mackenzie yang telah menikah lagi itu telah menyumbangkan uang senilai total USD 12 miliar atau lebih dari Rp 172 triliun untuk beragam aksi kemanusiaan.

Jelas bahwa Mackenzie termasuk orang paling dermawan di Amerika Serikat. Kebanyakan sumbangannya ditujukan pada berbagai organisasi yang didukungnya.

Tahun 2019, Mackenzie Scott gabung The Giving Pledge dan berkomitmen menyumbangkan setengah kekayaannya ke yayasan amal. The Giving Pledge dicetuskan Warren Buffett dan Bill Gates pada tahun 2010 untuk mendorong miliarder dunia membagikan kekayaannya pada yang membutuhkan.

Terbaru, Mackenzie Scott, mengumumkan bahwa ia telah menyumbangkan lebih dari USD 3,8 miliar (Rp 54 triliun) kepada 465 organisasi. Donasi ini dibuatnya dalam rentang waktu hanya sembilan bulan terakhir.

Dalam postingan blognya di Medium, Scott mengatakan donasinya ditujukan untuk berbagai organisasi nirlaba. Tapi ia menekankan bahwa timnya fokus untuk mendukung organisasi yang membantu suara-suara yang belum terwakilkan.

"Fokus tim kami selama sembilan bulan terakhir telah mencakup beberapa area baru, tapi seperti biasa, tujuan kami adalah untuk mendukung kebutuhan orang-orang yang kurang terwakili dari semua kelompok," tulis Mackenzie Scott.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)