Mau Masuk Perguruan Tinggi Impian? Asah Kemampuan via Try Out Online Gratis

Mau Masuk Perguruan Tinggi Impian? Asah Kemampuan via Try Out Online Gratis

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 06:50 WIB
UPI Bandung menggelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021 gelombang II. UTBK berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.
Foto: Siti Fatimah
Jakarta -

Para siswa-siswi yang tengah mempersiapkan masuk ke perguruan tinggi impian, bisa memanfaatkan platform digital untuk mengasah kemampuan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Startup edutech Zenius menghadirkan program Grand Try Out (GTO) yang dapat diikuti secara gratis dan memungkinkan peserta yang ikut mendapatkan hadiah. GTO akan berlangsung selama bulan April 2022 yang terdiri dari empat sesi try out, yakni pada 9, 16, 23, dan 29 April 2022.

Zenius juga menggelar kompetisi di fitur ZenPractice dengan hadiah menarik untuk peserta yang mendapatkan skor tertinggi setiap minggu (11-29 April), serta Klinik Pembahasan Try Out, di mana peserta bisa menghadirkan Live Class dengan tutor Zenius untuk membedah soal-soal dari setiap GTO. Live Class ini diadakan setiap minggu dari Senin-Jumat.

"UTBK merupakan ujian keterampilan berpikir dan pemahaman konsep yang penting dikuasai agar dapat masuk ke perguruan tinggi impian," ujar Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS dalam siaran persnya.

Sabda menjelaskan program GTO yang disediakan Zenius ini akan memudahkan peserta dalam proses belajar dan memahami materi yang dipelajari.

"Program GTO sengaja kami rancang sebagai materi pembelajaran yang dapat memicu kecintaan belajar dan meningkatkan keterampilan berpikiri kritis siswa melalui konsep gamifikasi yang menyenangkan," jelasnya.

Sistem latihan dan penilaian GTO telah disusun sama persis seperti UTBK asli, di mana jawaban benar akan mendapat skor +2 dan jawaban salah -1.

Selain itu, selama persiapan menghadapi Try Out, siswa juga dapat mengakses fitur baru ZenPractice, yang menyediakan lebih dari 400.000 soal latihan dan pembahasan sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Untuk menyusun soal-soal latihan ini, Zenius telah melibatkan tutor-tutor di bidang sosial humaniora (IPS) dan sains & teknologi (IPA).

Ketika mengikuti GTO, para siswa juga dapat mengukur nilai Try Out, lengkap dengan pembahasannya, agar mereka tahu kesalahan yang dilakukan dan cara memperbaikinya.

Untuk menarik dan menambah motivasi peserta, Zenius menyediakan beragam hadiah berupa sertifikat, gadget, dan merchandise dengan total senilai puluhan juta rupiah bagi peserta dengan skor tertinggi di setiap minggu.

Zenius telah memiliki rekam jejak yang baik dalam mempersiapkan siswa Indonesia menghadapi UTBK. Pada tahun 2021 lalu, 7 dari 10 pengguna premium Zenius berhasil lolos UTBK, meningkat 15% dari angka kelulusan tahun sebelumnya.

Dari total pengguna yang lolos tahun 2021, sebanyak 40% diantaranya diterima di pilihan universitas pertama, sementara 26% diterima pada pilihan universitas kedua. Angka ini diperoleh dari survei yang dilakukan Zenius kepada 2.500 lebih penggunanya, dengan margin of error sebesar 2%.



Simak Video "Jerman Lirik Indonesia untuk Kerja Sama Bangun Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)