Kabar Duka, Pencipta GIF Stephen Wilhite Meninggal Dunia

Kabar Duka, Pencipta GIF Stephen Wilhite Meninggal Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 25 Mar 2022 13:20 WIB
IMAGE DISTRIBUTED FOR JIF - This is what #JIFvsGIF diplomacy looks like. May as well call it G-neva Convention. #SteveWilhite #TheOG on Thursday, March 12, 2020, in Milford, OH. (Chris Cone/Jif via AP Images)
Kreator GIF Stephen Wilhite Wafat di Usia 74 Tahun Foto: AP/Chris Cone
Jakarta -

Stephen Wilhite, sosok yang memimpin tim pencipta GIF pada tahun 1980-an, meninggal dunia pada 14 Maret 2022 karena COVID-19. Menurut istrinya Kathaleen, Wilhite meninggal dunia di usia 74 tahun dan dikelilingi keluarga terdekatnya.

Wilhite menciptakan Graphics Interchange Format atau GIF saat bekerja di CompuServe pada tahun 1980-an. Ia pensiun pada awal tahun 2000-an dan menghabiskan masa pensiunnya dengan jalan-jalan, berkemah, dan membangun model kereta api.

Meski saat ini GIF identik dengan gambar bergerak dan meme, itu bukan alasan mengapa Wilhite menciptakan format tersebut. CompuServe mengenalkan GIF pada tahun 1987 untuk membuat gambar berwarna jadi lebih optimal dan mudah diunduh saat kecepatan internet masih sangat lambat.

"Ia menciptakan GIF sendirian -- ia benar-benar membuatnya di rumah dan membawanya ke kantor setelah menyempurnakannya," kata Kathaleen, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (25/3/2022).

"Ia akan mencari tahu semuanya sendiri di kepalanya dan kemudian berusaha keras untuk memprogramnya di komputer," sambungnya.

Ciptaan Wilhite ini masih terus membuat kontroversi karena sampai saat ini masih belum ada kesepakatan tentang cara menyebutkan GIF. Banyak yang menyebutkan menggunakan G keras (seperti guppy), tapi banyak yang mengucapkannya sebagai 'jif' menggunakan G lembut (seperti giraffe).

Wilhite sebagai penciptanya tentu memiliki jawaban yang mutlak. Dalam wawancara dengan The New York Times pada tahun 2013, ia mengatakan bahwa GIF harusnya diucapkan dengan G lembut.

"Oxford English Dictionary menerima kedua pengucapan tersebut. Mereka salah. Itu menggunakan 'G' lembut, dibaca 'jif'. End of story," kata Wilhite.

Wilhite kemudian menegaskan jawabannya saat menerima Lifetime Achievement Award dari Webby di tahun yang sama. Tanpa mengucapkan sepatah kata, Wilshite menerima penghargaan itu dengan video singkat yang bisa dilihat di bawah ini.

[Gambas:Youtube]

Dalam wawancara dengan New York Times, Wilhite mengungkap salah satu GIF favoritnya adalah meme 'dancing baby' yang viral pada tahun 1996. GIF itu banyak digunakan oleh pengguna internet jauh sebelum konsep meme dan viral lahir.

Beberapa pesan dari mantan rekan kerja dalam obituarinya mengatakan bahwa Wilhite memberikan banyak kontribusi lainnya selama bekerja di CompuServe, dan menyebutnya sebagai pekerja keras yang sangat mempengaruhi kesuksesan perusahaan.

Selamat jalan Stephen Wilhite, tanpa ciptaanmu budaya internet mungkin tidak akan seperti sekarang ini.



Simak Video "Heboh! Batu Nisan Internet Explorer di Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)