Keanehan Akun Twitter Vladimir Putin

Keanehan Akun Twitter Vladimir Putin

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 21 Mar 2022 16:21 WIB
7 Fakta Kuliner Vladimir Putin, Termasuk Rasa Es Krim Favoritnya
Vladimir Putin (Foto: Getty Images via Mashed)
Jakarta -

Sebagai Presiden Rusia, Vladimir Putin tentu punya akun Twitter resmi. Namun ada yang janggal dari akunnya itu.

detikers sudah tahu akun resmi Putin di Twitter? Itu adalah @KremlinRussia_E dengan nama President of Russia yang centang biru.

Akun ini ditandai Twitter sebagai Russia government organization. Artinya ini akun pemerintah Rusia dan postingannya mewakili kepentingan politik mereka.

Dilihat detikINET, Senin (21/3/2022) akun ini punya 1,7 juta follower, tapi hanya follow 22 orang saja. Postingannya adalah aneka kegiatan Putin sebagai pemimpin Rusia, sangat formal.

Dari 22 akun, tentu saja Putin memfollow akun resmi @KremlinRussia yaitu pusat pemerintahan Rusia. Putin juga follow akun Kemlu Rusia dan Wakil Kepala Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev. Media pemerintah Rusia, RT dan Sputnik tentu juga di-follow dia. Pemimpin dunia yang di-follow Putin adalah 2 mantan Presiden AS yaitu Barack Obama dan Donald Trump, Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan mantan PM Kanada Stephen Harper.

Dimana keanehannya? Ada akun yang di-follow Putin yang agak anomali dan mencurigakan karena beda sendiri.

Entah kenapa, Putin follow akun aktor laga Arnold Schwarzeneger di @schwarzeneger dan juga akun bos Tesla dan SpaceX Elon Musk di @elonmusk. Apakah Putin penggemar Arnold dan Elon Musk? Tidak jelas. Oke lah, mungkin karena Elon adalah bos teknologi dan perusahaan antariksa, tapi kalau Arnold kenapa?

Dilansir News.com Australia, ada analisa dari William Partlett, Associate Profesor dari University of Melbourne. Pertama, dia yakin bahwa akun Twitter Putin adalah bagian dari propaganda Rusia dan dikelola oleh admin khusus.

Tweetnya selalu bahasa Inggris - bukan Rusia - yang artinya ditujukan untuk follower internasional bukan untuk rakyat Rusia.

"Sejauh yang saya lihat akun ini untuk mendorong informasi ke pihak luar dan mencoba mempengaruhi beberapa tokoh di Barat," kata dia.

Jadi ketika beberapa hari lalu Elon Musk menantang Putin duel, Putin jelas tahu karena follow Elon Musk. Arnold pun diketahui menentang invasi Rusia. Kenapa ya Putin tetap follow Elon dan Arnold, serta para pemimpin negara Barat yang menentangnya?

"Tampaknya mencoba meyakinkan publik di Rusia dan di luar negeri kalau Putin melakukan hal yang benar, atau untuk membingungkan dan memberikan sumber informasi alternatif," pungkasnya.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Istri Sekutu Putin Sebut Suaminya Ditahan-dipukuli Otoritas Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)