Ingat Winamp? Aplikasi Jadul Ini Sekarang Jual NFT

ADVERTISEMENT

Ingat Winamp? Aplikasi Jadul Ini Sekarang Jual NFT

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 20 Mar 2022 06:15 WIB
Winamp
Foto: Istimewa
Jakarta -

Generasi 90-an dan awal 2000-an pasti ingat dengan pemutar musik digital Winamp. Kabar terbaru dari aplikasi jadul ini, mereka sekarang terjun ke dunia NFT (non fungible token).

Tebak, apa yang dijual Winamp sebagai NFT? Skin asli Winamp! Tampilan grafis perdana Winamp akan dijual di OpenSea mulai 16 Mei dan penawaran berlangsung hingga 22 Mei.

Selain skin asli yang legendaris, Winamp juga membuat sayembara desain Winamp bagi kalangan seniman. Karya mereka akan dijual melalui NFT pada momen yang sama dengan penjualan tampilan perdana Winamp di OpenSea. Hasil penjualan itu akan dibagi untuk donasi dan juga untuk para seniman yang membuat.

"Kirimkan desain turunan skin Winamp kalian. Tim Winamp akan mengecek setiap cryptoArt yang dikirimkan, dan 20 turunannya akan dipilih untuk dijual sebagai NFT Winamp," kata Winamp lewat situsnya.

Dua puluh cryptoArt yang terpilih akan digandakan sekitar 100 kali untuk membuat total NFT-nya berjumlah 1997, mengacu pada tahun peluncuran Winamp.

Masing-masing item NFT ini akan dihargai 0,08 ETH, yang kira-kira bernilai USD225 pada tingkat konversi saat ini. Jadi jika 1997 NFT terjual semua, total nilainya hampir USD450 ribu (sekitar Rp6,4 miliar).

Hasil penjualan melalui NFT tersebut akan disalurkan pada Winamp Foundation. Seluruh dananya akan digunakan untuk membantu kegiatan berbagai lembaga nirlaba, termasuk yang bergerak di bidang musik.

Winamp mengatakan penjualan NFT tersebut merupakan salah satu upaya untuk kembali mendengungkan nama Winamp di masyarakat global sekaligus bagian dari program amal rutin mereka.

Kepala Bidang Pengembangan Bisnis Winamp, Thierry Ascarez mengatakan kegiatan tersebut mereka lakukan juga sebagai bentuk dukungan pada perkembangan teknologi digital dan dunia blockchain yang tengah berkembang pesat.



Simak Video "Bar Royal Circle Tawarkan Membership NFT"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT