Hari Raya Nyepi 2022, Akses Internet Seluler di Bali Dimatikan

ADVERTISEMENT

Hari Raya Nyepi 2022, Akses Internet Seluler di Bali Dimatikan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 03 Mar 2022 09:13 WIB
Arak Ogoh-Ogoh di Desa Tosari, Bromo menjelang perayaan Nyepi.
Hari Raya Nyepi, Akses Internet Seluler di Bali Dimatikan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Akses internet seluler dan Internet Protocol Television (IPTV) di Provinsi Bali pada hari ini dimatikan, Kamis (3/3/2022). Langkah tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap umat Hindu yang sedang melaksanakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler dan pihak terkait lainnya untuk meniadakan layanan data seluler dan IPTV.

Hal itu seiring dengan diterbitkannya SE Menteri Kominfo No. 2 Tahun 2022 perihal Imbauan untuk Melaksanakan Seruan Pemerintah Provinsi Bali Tahun 2022, untuk mematikan layanan data seluler dan IPTV selama perayaan Nyepi berlangsung.

Hal ini sesuai dengan Surat Pemprov. Bali No. 003/2959/IKP/D.KOMINFOS perihal Pemberhentian Data Selular Pada Saat Nyepi Tahun Saka 1944," ujar Dedy saat dihubungi detikINET, Selasa (1/3).

Dedy menuturkan pelaksanaan dimatikannya layanan data seluler dan IPTV direncanakan akan berlangsung pada hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 pukul 06.00 WITA sampai dengan Jumat, tanggal 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA.

Sebelumnya, warga Bali sudah mendapatkan informasi dari Pemprov Bali bahwa akses internet seluler dan IPTV akan dimatikan selama 24 jam.

"Kami berharap perayaaan Nyepi dapat berlangsung dengan khidmat, dan semoga pelaksanaan Catur Brata Penyepian berjalan dengan lancar bagi seluruh umat Hindu yang merayakan," ungkap Dedy.

Ini bukan pertama kalinya layanan internet operator seluler di Bali dimatikan untuk menghormati umat Hindu yang menjalankan Hari Raya Nyepi.

Sejak tahun 2018, Nyepi tanpa internet sudah dilakukan dan momen tersebut berjalan dengan lancar.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

Simak Video 'Menengok Pura Mandhara Lumajang yang Dituakan di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT