Pro Player CSGO ini Sumbang Rp 473 Juta Untuk Ukraina

ADVERTISEMENT

Pro Player CSGO ini Sumbang Rp 473 Juta Untuk Ukraina

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 01 Mar 2022 19:50 WIB
Pro Player CSGO ini Sumbang Rp 473 Juta Unutk Ukraina
Pro Player CSGO ini Sumbang Rp 473 Juta Untuk Ukraina (Foto: Instagram s1mpleo)
Jakarta -

Aleksandr Kostyliev atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, s1mple, menggelontorkan uang senilai USD 33 ribu atau sekitar Rp 473 juta kepada tentara Ukraina. Ini terjadi tepat setelah pidato emosionalnya, saat menyerukan perdamaian Ukraina dan seluruh dunia, di turnamen Intel Extreme Masters (IEM) Katowice.

"Kita semua takut dan kita semua perlu menunjukkan sebuah contoh di turnamen ini, untuk seluruh dunia. Kami harus tetap bersama, sebagai satu kesatuan untuk penggemar, teman-teman dan semua orang yang akan menonton turnamen ini. Kita semua harus tetap menjadi manusia terlebih dahulu," ujar s1mple.

Ketika banyak developer game memberikan donasi kepada Palang Merah atau organisasi amal, seperti pengembang Cyberpunk 2077, CD Projekt Red, pro player Counter-Strike: Global Offensive (CSGO) untuk tim NAVI ini, lebih memilih menyalurkannya kepada militer Ukraina, dikutip detikINET dari Kotaku, Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, IEM Katowice merupakan kompetisi untuk beberapa game ternama, seperti CSGO dan League of Legends, yang menyuguhkan hadiah cukup besar, totalnya mencapai USD 1 juta atau sekitar Rp 14,3 miliar.

Hanya saja, NAVI tim asal Ukraina sendiri terpaksa harus tersingkir dari turnamen, setelah kalah dari G2 Esports. Mereka pun tidak bisa lanjut ke Grand Final dan menerima apresiasi finansial senilai USD 80 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Sedangkan gelar juara berhasil disabet oleh Faze Clan, dengan membabat habis G2 Esports di partai puncak. Organisasi esports ini pun berhak atas hadiah sebesar USD 400 ribu atau sekitar Rp 5,7 miliar.

Sedikit informasi, invasi Rusia terhadap Ukraina menarik simpati dari berbagai pihak. Tidak hanya s1mple, tetapi juga para penggiat industri game lainnya, mulai dari developer hingga publisher.

Ada Bungie yang berdonasi melalui program charity bertajuk Game2Give. Lalu pengembang Warframe, Digital Extremes, mengamalkan sejumlah dana hingga USD 100 ribu atau sekitar 1,4 miliar.



Simak Video "Dua Apartemen di Chasiv Yar Ukraina kena Rudal, 31 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT