Penampakan Joe Biden Telepon Pakai iPhone Tidak Biasa

Penampakan Joe Biden Telepon Pakai iPhone Tidak Biasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 28 Feb 2022 09:04 WIB
iPhone Joe Biden
Joe Biden menelepon dengan iPhone khusus. Foto: AP/Patrick Semansky
Washington -

Ponsel apa yang dipakai oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden? Jawabannya adalah iPhone. Namun jelas iPhone ini bukan iPhone biasa karena penggunanya adalah pemimpin negara adidaya.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Biden terlihat memakai iPhone tersebut di Gedung Putih baru-baru ini. iPhone itu dibalut casing warna biru dengan logo resmi kepresidenan Negeri Paman Sam berwarna keemasan.

Tidak jelas siapa yang ditelepon Biden, mungkin saja ia berbicara mengenai perang antara Rusia dan Ukraina. Seperti diketahui, AS tidak akan mengirim tentara ke Ukraina, tapi akan membantu persenjataannya dengan alat mutakhir.

Mengenai keamanannya, tentu sangat ketat. Mantan presiden AS Barack Obama pernah mengisahkan tentang keterbatasan ponsel yang ia pakai karena tunturan keamanan itu.

Penggunanya tak bisa mengakses fitur kamera, agar tak digunakan untuk selfie di tempat-tempat rahasia, juga hanya bisa menginstal aplikasi tertentu yang sudah disiapkan di Mobile Application Store milik DISA.

iPhone Joe BideniPhone Joe Biden. Foto: AP/Patrick Semansky

Selain itu, untuk melakukan panggilan telepon domestik maupun internasional, jaringan yang digunakan adalah Voice over Internet Protocol (VoIP). Sementara akses ke email dilakukan melaui Outlook Web Access versi khusus.

Namun ponsel yang digunakan oleh Obama sepertinya mempunyai lebih banyak keterbatasan untuk alasan keamanan. Seperti ia tak bisa melakukan panggilan keluar menggunakan ponsel tersebut, mengirim pesan, mengambil foto, bahkan memutar musik.

Sampai-sampai Obama membandingkan ponsel itu dengan ponsel mainan yang dipakai oleh anak bayi berusia 3 tahun. Di lain pihak, istri dan putri Obama mempunyai ponsel dengan akses yang tak tertutup, dan itu membuat Obama cemburu.

"Saya melihat Malia dan Sasha melakukan semua ini dan Michelle mempunyai tiga, dia mengirim pesan dan melakukan semua ini," ujar Obama ketika itu. Mungkin saja keamanan ponsel Joe Biden mirip dengan ponsel Obama.



Simak Video "Detik-detik Joe Biden Jatuh Saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)