Kamu Bisa Cek Pergerakan Drone AS Pantau Rusia di Ukraina

Kamu Bisa Cek Pergerakan Drone AS Pantau Rusia di Ukraina

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 25 Feb 2022 20:15 WIB
Jalur Terbang Drone Tempur AS ke Ukraina di Flightradar24
Jalur terbang drone tempur AS di lepas laut Ukraina (Flightradar24)
Jakarta -

Tahukah Anda, kalau bisa memantau pergerakan drone AS yang mengamati Rusia di Ukraina? Ikuti caranya berikut ini.

Seperti diketahui, Rusia sedang menginvasi Ukraina sejak Kamis (24/2) kemarin. Ukraina dibombardir dan jatuh korban jiwa. Dunia memberikan kecaman, namun Ukraina masih berjuang sendirian.

Banyak orang ingin tahu kondisi terkini di Ukraina. Bukan cuma lewat berita, tapi juga di media sosial dari aneka postingan warga Ukraina.

Selain itu, sejumlah aplikasi dan data open source pun dipakai untuk mencari tahu suasana terkini di sana. Foto-foto satelit dari Maxar Technologies banyak dicari orang.

Yang juga populer adalah aplikasi Flightradar24. Aplikasi pemantau lalu lintas pesawat ini dipakai untuk melihat secara real time kondisi ruang udara di Ukraina.

Tentu saja langit Ukraina dikosongkan dari penerbangan komersil. Namun lewat Flightradar24, netizen bisa melihat pergerakan drone tempur AS yang memantau aksi militer Rusia dari udara.

Ini sebenarnya adalah pesawat mata-mata milik US Air Force yang sanggup terbang siluman. Jenisnya adalah RQ-4 Global Hawk. Namun diberitakan Daily Mail, para pakar penerbangan mengatakan drone ini sengaja dimunculkan di radar supaya publik mengetahui unjuk kekuatan militer Amerika di dekat Ukraina.

Di aplikasi Flightradar24, drone tempur ini punya kode penerbangan Forte10, Forte11 dan Forte12. Pada hari pertama invasi Rusia, drone ini terpantau terbang mengelilingi kota-kota Ukraina yang dibombardir.

Pada Jumat (25/2/2022), terpantau detikINET bahwa drone tempur dengan kode Forte12 terbang bolak-balik di Laut Hitam di selatan Crimea. Ini adalah daerah yang dikuasai Rusia sebagai salah satu jalan masuk kekuatan militer mereka ke Ukraina.

Netizen bisa ikut memantaunya secara langsung. Caranya gampang:

  1. Buka aplikasi Flightradar24 atau dari websitenya klik di sini: Flightradar24.
  2. Geser peta ke arah Ukraina
  3. Pada kolom Search, ketik: Ketik Forte10 atau Forte11 atau Forte12
  4. Anda akan diarahkan ke titik pesawat drone tersebut.
  5. Garis merah adalah jalur terbangnya, tampak kalau drone ini dari tadi mondar-mandir di lepas laut di selatan Ukraina dekat Crimea.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Rusia Klaim Hancurkan Pasokan Senjata dari AS-Eropa di Lviv"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)