Terungkap, Orang Indonesia Banyak Cari Perangkat Smart Home

Terungkap, Orang Indonesia Banyak Cari Perangkat Smart Home

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 15:13 WIB
smart home
Lebih Sering di Rumah, Orang Indonesia Banyak Cari Perangkat Smart Home (Foto: Istock)
Jakarta -

Gegara pandemi COVID-19, orang Indonesia jadi lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Untuk memaksimalkan aktivitasnya di rumah, orang Indonesia jadi sering mencari perangkat smart home di Google.

Laporan Google Year in Search 2021 menemukan pencarian tentang perangkat smart home mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Contohnya, penelusuran terkait smart lamp naik 22% dan pencarian terkait kulkas pintar naik 42%.

"Sejak adanya pembatasan karena pandemi, penetrasi digital semakin cepat dan konsumen Indonesia beradaptasi pada hybrid lifestyle, di mana offline dan online channel itu sudah blurred batasannya dan interaksi offline maupun online sudah menjadi bagian hidup konsumen," kata Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra dalam media briefing virtual, Selasa (22/2/2022).

"Dan masyarakat Indonesia itu menggunakan teknologi untuk improve their hybrid lifestyle," sambungnya.

Yolanda mengatakan data Year in Search 2021 ini diambil dari Google Trends pada periode September 2020 - Agustus 2021, dan dibandingkan dengan data pada periode September 2019 - Agustus 2020.

Selain perangkat smart home, orang Indonesia juga semakin sering mencari perangkat elektronik yang bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran di tengah pandemi. Contohnya kenaikan penelusuran terkait air purifier di Google meningkat 63% pada periode September 2020-Agustus 2021.

Perangkat kesehatan lain yang banyak dicari oleh orang Indonesia termasuk walking pad (262%), air fryer (97%), hitung langkah (71%), dan aplikasi hitung kalori (38%).

Karena pembatasan sosial mengharuskan banyak siswa di Indonesia untuk belajar dari rumah, pencarian tentang gadget pendukung produktivitas juga meningkat. Pada tahun 2021, pencarian tablet kuliah meningkat 100%, diikuti dengan laptop untuk sekolah (82%), dan monitor untuk sekolah (57%).

Pencarian terkait split screen monitor dan Chromebook juga meningkat, masing-masing sebesar 83% dan 73%. Aksesoris pendukung kerja dan belajar dari rumah seperti standing desk, laptop stand, dan webcam laptop juga makin banyak dicari.



Simak Video "Masyarakat Makin Peduli Lingkungan, Pencarian Mobil Listrik di Google Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)