Samsung Kenalkan Family Hub, Kulkas Canggih dengan Layar Pintar

Samsung Kenalkan Family Hub, Kulkas Canggih dengan Layar Pintar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 09:23 WIB
Samsung Family Hub
Samsung Kenalkan Family Hub, Kulkas Canggih dengan Layar Pintar Foto: dok. Samsung
Jakarta -

Samsung kembali mengenalkan perangkat rumah tangga pintar alias smart home dengan fitur yang unik. Kali ini raksasa teknologi asal Korea Selatan itu meluncurkan Family Hub, kulkas pintar yang mengusung layar seukuran tablet di bagian depannya.

Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Melvin Rubianto mengatakan berkat layar pintarnya Family Hub bisa menyediakan fitur tambahan seperti hiburan dan konektivitas dengan perangkat smart home lainnya.

"Fungsi utama kulkas itu apa sih? Menjaga makanan tetap segar, lebih tahan lama. Ditambah fungsi basic itu kita punya fungsi lainnya seperti family communications, memasak yang lebih mudah, entertainment, dan connected home," kata Melvin dalam peluncuran Samsung Family Hub di Jakarta, Kamis (27/1).

Melvin mengatakan kulkas Samsung Family Hub bisa menjadi media komunikasi bagi anggota keluarga. Dengan fitur whiteboard dan Memo yang bisa diakses lewat layarnya, Family Hub bisa menggantikan tradisi meninggalkan post-it dan pesan di pintu kulkas sehingga dapur tetap terlihat rapi.

Ada juga fitur Calendar yang bisa mensinkronisasikan jadwal semua anggota keluarga. Fitur ini bisa sudah mendukung layanan Google Microsoft Outlook.

Samsung Family Hub juga bisa membantu penggunanya jadi lebih pintar memasak berkat fitur Smart Recipe, Meal Planner, dan Shopping List. Menariknya, kulkas ini dilengkapi dengan kamera di dalamnya yang bisa diakses lewat fitur View Inside, sehingga pengguna bisa memantau isi kulkasnya langsung dari ponsel.

Samsung Family HubSamsung Family Hub Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Kulkas ini juga bisa menghadirkan hiburan di dapur dengan integrasi aplikasi Spotify yang bisa diakses di layar. Pengguna juga bisa menggunakan browser yang tersedia untuk mengakses YouTube, atau mirroring layar ponsel menggunakan aplikasi Smart View untuk mengakses platform streaming.

Sebagai perangkat smart home, kulkas Samsung Family Hub juga bisa terhubung dengan perangkat smart home lainnya yang sudah memiliki dukungan Wi-Fi, mulai dari pendingin udara, TV, hingga air purifier. Semuanya bisa diakses dan dikontrol lewat aplikasi SmartThings.

Samsung memposisikan kulkas ini sebagai asisten pintar di dapur. Untuk itu mereka membenamkan dukungan asisten suara Bixby ke dalam kulkas ini.

Layar pintar ini menjalankan sistem operasi Tizen buatan Samsung. Melvin mengatakan saat ini pengguna tidak bisa menginstal aplikasi baru dan hanya bisa menggunakan aplikasi yang ada, tapi bukan tidak mungkin opsi tersebut akan dihadirkan di masa depan.

Untuk spesifikasi kulkasnya sendiri, Samsung Family Hub memiliki volume 681 liter dan dilengkapi SpaceMax Technology yang bisa menyimpan makanan dengan rami dan tahan lebih lama. Kulkas ini juga memiliki teknologi inverter digital yang membuat kerjanya lebih efisien dan lebih senyap ketimbang kulkas lainnya.

Samsung membanderol kulkas Family Hub dengan harga Rp 29.999.000. Ponsel ini sudah tersedia di situs Samsung.com mulai 27 Januari 2022. Selama periode promo dari 27 Januari hingga 6 Februari, Samsung memberikan bonus berupa Galaxy M12 dan cashback senilai Rp 1.000.000.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)