Saling Serang Fans Gus Miftah dan Khalid Basalamah

Saling Serang Fans Gus Miftah dan Khalid Basalamah

Tim - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 12:48 WIB
Pertunjukan wayang di ponpes milik Gus Miftah yang viral.
(Foto: Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Sudah dua hari Gus Miftah bercokol di trending topic Twitter. Netizen ada yang membela dia atau membela Khalid Basalamah soal wayang.

Dipantau detikINET, Selasa (22/2/2022) kata Miftah masih berada di trending topic Twitter di Indonesia. Jumlahnya kini mencapai 38.600 tweet.

Pemicu trendingnya, tentu saja pergelaran wayang di Ponpes Ora Aji milik Gus Miftah di Sleman, Yogyakarta. Pementasan tersebut dihadiri oleh sejumlah dalang dari Solo dan Yogya dan diinisiasi oleh dalang kenamaan Ki Warseno Slenk asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dikonfirmasi detikJateng, Warseno Slenk membenarkan dirinya yang tampil dalam video tersebut. Menurut Warseno, pergelaran wayang bertajuk 'Begawan Lomana Mertobat' itu digelar pada Jumat (18/2) malam yang lalu.

Ada adegan yang jadi viral di medsos yaitu ada karakter wayang memakai peci dan berjenggot. Wayang ini remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang Baladewa.

Netizen sontak menghubungkan tokoh wayang berpeci itu dengan video Ustaz Khalid Basalamah melarang wayang. Sebelumnya, Khalid Basalamah sudah menuai kritik publik karena videonya yang melarang wayang.

Ketika viral, Ustaz Khalid Basalamah diserbu netizen yang kontra. Kini gantian, Gus Miftah diserbu netizen yang kontra. Dalam aneka tweet, tampak jelas pihak yang membela Khalid Basalamah akan menyerbu Gus Miftah. Demikian juga sebaliknya.

Aneka tweet yang bersebaran terkait Gus Miftah, biasanya dikaitkan juga dengan Khalid Basalamah. Pihak pro dan kontra tampaknya seimbang jumlahnya.

Inilah aneka tweet netizen di Twitter dari kedua pihak:

Pro Gus Miftah

"UKB pernah nginsapin preman sekelas hercules gak? Pernah masuk dunia hitam gak? Pernah ditodong pestol gak? Pengalaman dan sepak terjang Miftah masih jauh diatas UKB gan," kata @omhan***.

"Suudzon ke Miftah mau tapi ke Ustadz Khalid Basalamah gak mau..🤣🤣🤣 suudzon pilih².. Utekmu wis somplak," kata @kadrun***.

"Wayang itu budaya leluhur. Kl semua dikaitkan agama lebih baik si basalamah suruh gabung taliban sj. Ceramah disana pasti laris manis," kata @mjpty***.

Kontra Gus Miftah

"Ustadz KHB sibuk berdakwah. Gak ada waktu ngeladenin si Miftah," kata @mister***.

"Apa yg disampaikan Ustadz Khalid hny bertujuan agar tidak terjerumus dalam kesyirikan sprt yg diajarkan Kanjeng Sunan Kali Jaga," kata @aaldhi***.

"Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk Bpk. Miftah. Sedih banget liat Ustadz Khalid Basalamah diperlakukan seperti itu," kata @martini***.

Namun, banyak juga netizen cerdas yang bisa melihat perkara ini secara seimbang. Yang paling baik memang memahami masalahnya dari kedua sisi. Bahwa kedua pihak perlu dikritik atas ucapan dan perbuatannya masing-masing.

"Ustd khalid mengkritik dengan caranya dan profesinya, Gus Miftah mengkritik dengan cara dan profesinya, anda bisa tau karakternya masing-masing, kalian netizen yang suka mengadu, anda juga mengkritik dengan caramu sendri kan, atau cuman ikut arus," sindir @drahens*** kepada para netizen.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Babak Baru Polemik Ceramah Wayang Khalid Basalamah"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)