Gus Miftah Diserbu Netizen Buntut Video Dalang Hajar Wayang Berpeci

ADVERTISEMENT

Gus Miftah Diserbu Netizen Buntut Video Dalang Hajar Wayang Berpeci

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 21 Feb 2022 14:40 WIB
Gus Miftah, pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta
Gus Miftah diserbu netizen usai video dalang hajar wayang berpeci (Foto: Wahyudi/20detik)
Jakarta -

Video dalang menghajar wayang berpeci jadi viral. Akibatnya nama Gus Miftah menjadi trending topic di Twitter.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial yang menunjukkan pergelaran wayang dengan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot. Wayang ini remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang Baladewa.

Netizen sontak menghubungkan tokoh wayang berpeci itu dengan ceramah Ustaz Khalid Basalamah melarang wayang. Video ini sendiri memang kejadian sungguhan.

Diketahui, pertunjukan wayang tersebut digelar di Ponpes Ora Aji milik Gus Miftah di Sleman, Yogyakarta. Pementasan tersebut dihadiri oleh sejumlah dalang dari Solo dan Yogya dan diinisiasi oleh dalang kenamaan Ki Warseno Slenk asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dikonfirmasi detikJateng, Warseno Slenk membenarkan dirinya yang tampil dalam video tersebut. Menurut Warseno, pergelaran wayang bertajuk 'Begawan Lomana Mertobat' itu digelar pada Jumat (18/2) malam yang lalu.

Ketika video ini viral, Gus Miftah pun menjadi trending topic di Twitter. Dipantau detikINET, Senin (21/2/2022) nama Gus Miftah bercokol di tengah trending topic dengan 7.656 tweet.

Isinya tampak pro dan kontra dari netizen. Banyak yang mengkritik pergelaran wayang itu provokatif. Ada juga yang menyerang Gus Miftah secara personal.

Sebagian lagi mendukung ustaz nyentrik itu. Bagi sebagian netizen, lakon wayang itu menggambarkan kekesalan publik atas pelarangan wayang oleh Ustaz Khalid Basalamah. Ibaratnya, ada asap, ada api.

Inilah sebagian reaksi netizen Indonesia di Twitter:

"Gus miftah ini ustadz apa preman sih ? Bukan nya mendingin masalah, tapi malah bikin gaduh dan terselip mangadu domba umat," kritik @openg***.

"Pak miftah, coba anda ketemu sm ust khalid basalamah. Ngobrol baik2. Apa harus cara seperti itu. Itu malah bikin malu anda sendiri," saran @zaenal_***.

"Saya menghormati Gus Miftah, karena beliau banyak pengikutnya dan dianggap tokoh agama, walaupun tidak setuju dg tindakan dan cara beliau," kata @kuersa***.

"Yang menghujat Gus Miftah atau UKB sama2 brengseknya," kata @tukang*** yang bersikap netral.

"Kalau dibaca dari akun-akun yang membully Gus Miftah, terlihat jelas afiliasi politiknya ke mana," kata @hastosupra***.

"Mereka yg membuat permusuhan dan mereka pula yg merasa terancam oleh Gus Miftah," kata @generasi_muda*** membela Gus Miftah.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Babak Baru Polemik Ceramah Wayang Khalid Basalamah"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT