Ubah Julukan Karyawan Meta Jadi Metamates, Zuckerberg Malah Diejek

ADVERTISEMENT

Ubah Julukan Karyawan Meta Jadi Metamates, Zuckerberg Malah Diejek

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 19 Feb 2022 08:03 WIB
Mark Zuckerberg resmi mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta.  (AP Photo/Eric Risberg)
Ubah Julukan Karyawan Meta Jadi Metamates, Zuckerberg Malah Diejek Foto: AP/Eric Risberg
Jakarta -

Dalam proses rebranding terbarunya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengganti sebutan karyawan Facebook. Jika sebelumnya karyawan Facebook dikenal dengan julukan 'Facebookers', kini setelah berganti nama menjadi Meta julukan mereka berubah menjadi 'Metamates'.

Tidak hanya mengubah sebutan karyawan, Zuckerberg juga mengubah urutan kepentingan di perusahaan. Karyawan harus mengutamakan perusahaan (Meta), diikuti dengan rekan kerja (metamates), dan terakhir individu (me).

Dalam rapat internal perusahaan, Zuckerberg juga mengatakan Meta kini mengusung 'Move fast together' sebagai slogan perusahaan. Sebelumnya mereka menggunakan slogan 'Move fast and break things' yang legendaris, sebelum diganti menjadi 'Move fast'.

"Kini adalah waktu yang tepat untuk memperbarui nilai dan budaya sistem operasional kami," kata Zuckerberg di halaman Facebook-nya, seperti dikutip dari The New York Post, Sabtu (19/2/2022).

Perubahan julukan dan slogan perusahaan ini disambut dengan ejekan dari beberapa karyawan Meta dan netizen. Beberapa karyawan mengatakan nilai perusahaan ini terlihat seperti bentuk indoktrinasi.

Chief Technology Officer FAcebook Andrew Bosworth mengatakan ucapan 'Meta. Metamates. Me' merujuk pada istilah angkatan laut yang juga digunakan oleh Instagram. Istilah yang digunakan Instagram adalah 'Ship, Shipmates, Self,' kata Bosworth.

Dalam cuitannya, Bosworth juga mengatakan bahwa istilah metamates diciptakan oleh penulis Douglas Hofstadter setelah seorang karyawan menghubunginya untuk mencari ide.

Tapi penjelasan Bosworth itu malah disindir oleh karyawan Meta. Dalam chat internal perusahaan, seorang karyawan Meta mengatakan: "Apakah ini artinya kita berada di kapal yang sedang tenggelam?"

Sindiran tidak hanya datang dari karyawan Meta, tapi juga dari netizen di media sosial. Seorang netizen mengatakan julukan metamates terdengar seperti aplikasi kencan di metaverse. Ada juga yang menyebut nama itu terdengar seperti buatan anak-anak.

"Metamates? Lebih seperti metastasis," gurau seorang netizen di Twitter.

"Terdengar seperti merek untuk kondom," kelakar netizen lainnya yang merujuk pada merek kondom Mates yang dijual di Inggris.

Perubahan sebutan karyawan Facebook menjadi metamates menunjukkan obsesi Zuckerberg untuk mewujudkan ambisi metaverse-nya. Beberapa bulan yang lalu, Facebook mengubah namanya menjadi Meta untuk mencerminkan ambisi ini.

Tapi upaya Zuckerberg untuk mewujudkan metaverse tidak selalu mulus. Reality Labs, divisi Meta terkait AR, VR, dan metaverse, mengalami kerugian USD 3,3 miliar meski berhasil meraup pendapatan sebesar USD 877 juta.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT