Apple Watch Bantu Deteksi Penyakit Langka Sebelum Diagnosis

Apple Watch Bantu Deteksi Penyakit Langka Sebelum Diagnosis

Josina - detikInet
Rabu, 16 Feb 2022 06:51 WIB
Fitur EKG di Apple Watch Series 7
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Sudah banyak kisah selama bertahun-tahun bagaimana Apple Watch secara proaktif memberikan peringatan kepada penggunanya terkait masalah kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa.

Kini kisah terbaru datang dari seorang perawat asal Australia, di mana dirinya menyadari bahwa data dari Apple Watch-nya bisa membantunya untuk mendeteksi lebih cepat masalah penyakit tiroid yang langka setelah mengalami gejala yang memburuk selama berbulan-bulan.

Melansir dari 9to5mac dalam sebuah wawancara dengan New Zealand Herald, perawat bernama Lauren Rebecca itu menjelaskan bahwa dirinya didiagnosis menderita tiroiditis pada bulan Desember silam.

Diagnosis ini datang setelah Rebecca mengalami gejala kelelahan, sensitivitas suhu, dan penambahan berat badan selama berbulan-bulan. Awalnya ia merasa jika gejala-gejala yang dirasakan hanya kelelahan akibat banyak pasien COVID-19. Namun gejalanya memburuk sehingga ia memutuskan konsultasi ke dokter.

Ia pun melakukan tindakan Ultrasonografi. Rebecca pun divonis mengembangkan tiroiditis, yaitu ketika kelenjar tiroid meradang dan menyebabkan gejala yang dideritanya.

Dan dua bulan setelah diagnosis, Rebecca melihat Apple Health, sebuah aplikasi kesehatan yang memiliki berbagai informasi termasuk catatan perubahan dramatis dalam kesehatannya dan mendorongnya untuk mencari bantuan medis.

"Saya melihat ada peringatan di bagian atas aplikasi yang tidak pernah muncul sebagai notifikasi karena saya tidak mengaktifkan notifikasi... Saya memeriksanya dan saat itulah saya dapat melihat tren bahwa Vo2 max saya telah turun, secara harfiah dalam hitungan hari." ujarnya.

Vo2 max menunjukkan seberapa baik tubuh manusia menyerap oksigen selama berolahraga. Maka dengan penurunan itu, berarti Rebecca tiba-tiba tidak bisa menghirup oksigen sebaik sebelumnya.

Melalui akun TikToknya, Rebecca pun membagikan temuannya tersebut. Dia ingin memberitahu pada sesama pengguna Apple Watch untuk mengaktifkan semua notifikasi yang ada di Apple Watch.

"Daripada saya menunggu gejalanya menjadi sangat buruk, saya bisa pergi ke dokter pada bulan Oktober ketika ada penurunan dramatis dalam hitungan hari," jelas Rebecca di TikTok.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)