Kekesalan Umat Muslim Dunia Gaungkan #IndiaRacism

ADVERTISEMENT

Kekesalan Umat Muslim Dunia Gaungkan #IndiaRacism

Tim - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 17:00 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Ilustrasi netizen di Twitter. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Sedang ramai di India larangan penggunaan jilbab di sekolah, khususnya di dalam kelas yang memicu pertikaian. Tagar #IndiaRacism pun menggaung di media sosial seperti Twitter.

Beberapa institusi pendidikan di India ditutup karena terjadi keributan tentang penggunaan jilbab di dalam sekolah yang mendapat perhatian internasional setelah pemenang Hadiah Nobel Malala Yousafzai mengangkat masalah ini.

Pemerintah negara bagian Karnataka di mengambil keputusan penutupan setelah aksi protes pelajar Hindu terhadap perempuan Muslim yang mengenakan jilbab di dalam kelas meningkat dan mengarah ke kekerasan.

Viral pula video yang menunjukkan gerbang sekolah ditutup bagi perempuan yang memakai jilbab dan menimbulkan kemarahan masyarakat.

Awalnya, enam pelajar putri Muslim di Karnataka mengaku dilarang masuk kelas berpekan-pekan karena mengenakan hijab. Pihak sekolah berdalih para siswi tersebut diperkenankan memakai hijab di lingkungan sekolah, kecuali di dalam kelas.

Netizen pun banyak yang melayangkan kecaman terhadap apa yang terjadi di India dengan tagar #IndiaRacism. "Mengerikan, semoga saudara saudari Muslim di India selalu berada dalam perlindungan," sebut seorang netizen.

"Kita telah menyaksikan apa yang terjadi di India adalah wujud nyata dari diskriminasi terhadap hak-hak kaum Muslim dan pantas dikutuk," tulis netizen lain.

"Sebagai sesama Muslim, mari membela saudara-saudara kita. Betapa meneyedihkan melihat penghinaan pada wanita hanya karena jilbab. Zaman sudah modern tapi orang-orang ini pikirannya terbelakang," sebut warganet berikutnya.

Banyak pula dibagikan di Twitter ilustrasi mengenai Muskaan Khan, yang secara tak sengaja menjadi wajah perlawanan bagi perempuan muda Muslim India.

Mengenakan selendang safron - warna yang diasosiasikan dengan kelompok nasionalis Hindu dan agama Hindu pria-pria tersebut mulai meneriakkan "Jai Shri Ram" atau "salam Tuhan Ram".

Saat mereka terus mengoloknya, Muskaan Khan, yang mengenakan jilbab, tetap berdiri dan di tempatnya - berteriak "Allahu Akbar" (Tuhan Maha Besar) sebagai balasannya. Tidak lama kemudian, otoritas sekolah mengantarnya ke dalam.



Simak Video "Heboh Pelajar Hindu-Muslim India Usai Viral Larangan Hijab di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT