Netizen Jengkel BPJSTK Cair Saat Usia 56 Tahun

ADVERTISEMENT

Netizen Jengkel BPJSTK Cair Saat Usia 56 Tahun

Tim - detikInet
Sabtu, 12 Feb 2022 10:00 WIB
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Pasca Resign, Cek di Sini
Aturan JHT di BPJSTK bisa dicairkan saat umur 56 tahun bikin netizen jengkel. Foto: BPJamsostek
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengeluarkan kebijakan baru di mana BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) bisa dicairkan saat usia 56 tahun. Keputusan tersebut membuat jengkel netizen di Tanah Air.

Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 yang diundangkan pada 4 Februari 2022 itu terungkap manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) hanya dapat dicairkan dicairkan 100% apabila usia peserta BPJAMSOSTEK mencapai usia 56 tahun, , mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Bagi peserta yang meninggal dunia, saldo JHT dapat langsung dicairkan oleh ahli warisnya.

"Manfaat JHT dibayarkan sekaligus pada saat peserta mencapai usia 56 tahun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia," jelas Dian Agung Senoaji, Pps. Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJamsostek.

Lebih lanjut, Dian menyampaikan dengan berlakunya Permenaker Nomor 2 Tahun 2022, bagi peserta yang mengundurkan diri, PHK atau meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya, manfaat JHT akan dibayarkan pada saat peserta mencapai usia 56 tahun. Namun bagi peserta yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya dengan status WNA, maka saldo JHT Jamsostek dapat langsung dicairkan.

Peserta masih bisa melakukan pencairan sebagian saldo JHT sebesar 30% untuk kepemilikan rumah atau 10% untuk keperluan lain dengan ketentuan minimal kepesertaan 10 tahun.

Terbitnya aturan baru soal pencairan dana BPJSTK ini menyulut kemarahan warganet. Berikut rangkuman tanggapan netizen di Twitter:
















Detikers sendiri bagaimana tanggapan terkait aturan baru BPJSTK ini?



Simak Video "Menaker: Dapat Klaim JHT Sebelum Usia Pensiun-Permenaker Lama Masih Berlaku"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT