Update iOS 15.4 Hadirkan Emoji Pria Hamil yang Kontroversial

Update iOS 15.4 Hadirkan Emoji Pria Hamil yang Kontroversial

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 31 Jan 2022 16:00 WIB
Emoji pria hamil
Update iOS 15.4 Akan Hadirkan Emoji Pria Hamil yang Kontroversial Foto: dok. Unicode Consortium
Jakarta -

Apple baru saja menggulirkan update iOS 15.4 beta yang akan membawa banyak fitur baru. Selain fitur baru, update ini juga akan membawa banyak emoji baru yang salah satunya menimbulkan kontroversi.

Emoji baru yang akan hadir di iOS 15.4 mengikuti standar Emoji 14 yang diumumkan oleh Unicode Consortium pada September 2021 lalu. Ada 37 emoji baru dan 75 variasi dari emoji yang sudah ada, dan semuanya tentu dimodifikasi sesuai dengan gaya emoji iOS.

Beberapa emoji wajah baru yang akan hadir termasuk wajah meleleh, mengintip dari sela-sela jari, wajah dengan mulut diagonal, wajah yang sedang memberikan hormat, dan lain-lain. Ada juga emoji gelembung dan emoji menggigit bibir.

Selain itu ada beberapa emoji tangan, termasuk tangan yang membuat simbol hati dan update variasi warna kulit untuk emoji jabat tangan. Beberapa objek baru juga hadir sebagai emoji seperti pelampung, hasil X-ray, baterai kosong, kartu identitas, dan masih banyak lagi, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (31/1/2022).

Tapi yang jadi perhatian adalah emoji pria hamil. Saat Unicode Consortium mengumumkan emoji ini beberapa bulan yang lalu, mereka mengatakan emoji ini merujuk pada pria yang bisa hamil.

Menurut Unicode Consortium, emoji tersebut untuk mengakui bahwa pria transgender bisa saja hamil dan kehamilan bukan sesuatu yang eksklusif bisa dialami oleh perempuan cisgender. Maka emoji ini hadir untuk memfasilitasinya.

Tentu saja pengumuman kehadiran emoji ini langsung diwarnai oleh kontroversi.

"Pria tidak bisa hamil! Itu soal fakta/biologi," kata seorang netizen di Twitter.

"Itu menunjukkan sesuatu yang secara biologi tidak mungkin terjadi. Kita harusnya percaya pada sains kan?" kata netizen lainnya.

Tapi ada juga netizen mengatakan emoji itu menunjukkan seorang pria buncit yang terlalu banyak minum bir dan sedang mengelus perutnya.

"Emoji laki-laki dengan beer belly! Itu sangat bagus! Terima kasih mewakili orang-orang dengan beer belly! Sekarang kami akan terus mengelus perut kami dengan penuh kasih sambil tersenyum layaknya idiot," kata seorang netizen.

Puluhan emoji baru ini akan hadir di iPhone dan iPad dengan update iOS 15.4 dan iPadOS 15.4. Perangkat Mac juga bisa menggunakan emoji ini dengan update macOS Monterey 12.3.

Selain emoji baru, update iOS 15.4 beta juga membawa fitur lain seperti opsi menggunakan Face ID tanpa perlu membuka masker.



Simak Video "Jawaban Apple soal Keluhan iOS 15.4 Bikin Baterai iPhone Boros"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)