Ini Daftar Jenis Pekerjaan Baru yang Dicari di Era Teknologi

Ini Daftar Jenis Pekerjaan Baru yang Dicari di Era Teknologi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 15:30 WIB
social media, closeup of hands holding smartphone in cafe, banking online, businessman with mobile internet
Ini Daftar Jenis Pekerjaan Baru yang Dicari di Era Teknologi. Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Seiring dengan perkembangan teknologi, akan ada pekerjaan lama yang hilang, namun di sisi lain muncul jenis pekerjaan baru. Berikut daftar pekerjaan yang dicari di era teknologi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri bersamaan dengan munculnya jenis pekerjaan baru di adopsi teknologi.

"Diproyeksikan akan terdapat 85 juta pekerjaan lama yang mungkin hilang dan 97 juta pekerjaan baru yang mungkin muncul," ujar Menkominfo dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/1/2022).

"Ini akibat pembagian kerja antara manusia, mesin, dan algoritma. Hal tersebut menuntut peningkatan keterampilan bidang digital dan soft skills," sambungnya.

Berdasarkan laporan dari The Future of Jobs dari World Economic Forum, pada tahun 2025 akan terdapat 43% pelaku industri yang melakukan reduksi atau pengurangan jumlah tenaga kerja sebagai konsekuensi dari penerapan integrasi teknologi.

Menurut Menkominfo, peningkatan keterampilan digital dan soft skills selaras dengan perkembangan teknologi untuk tenaga kerja, khususnya generasi muda Indonesia dapat dilakukan melalui upskilling dan reskilling.

"Adapun jenis pekerjaan baru yang muncul dan semakin meningkat permintaan diantaranya data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence and machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist," jelasnya.

Selain itu, ada pula beberapa jenis pekerjaan lain yang akan berkembang, renewable energy engineers, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration managers, dan business development professionals.

Johnny mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong sektor privat atau perusahaan swasta di Indonesia dari berbagai bidang untuk pemenuhan kebutuhan SDM yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

Menurut Menkominfo, Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024 memiliki lima poin penting, di antaranya pembangunan Sumber Daya Manusia.

"Pemerintah juga mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur, mengundang investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan, reformasi birokrasi, dan APBN yang fokus terlepas dari COVID-19 saat ini," jelasnya.



Simak Video "Menkominfo Bicara Soal Kabar 5G Ganggu Penerbangan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)