Keren! GoFood Pakai Robot buat Layanan Pesan-Antar Makanan

Keren! GoFood Pakai Robot buat Layanan Pesan-Antar Makanan

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 20:10 WIB
Robot Otomatis untuk Fitur Order Sekaligus di GoFood
Foto: Dok. GoFood
Jakarta -

Gojek melalui layanan GoFood menjadi pelopor teknologi otomasi di layanan pesan-antar makanan Indonesia dengan memperkenalkan penggunaan robot dalam ekosistemnya, untuk terus mengembangkan layanan pesan-antar makanan di Indonesia.

"Inovasi selalu menjadi denyut nadi kami di Gojek. Secara konsisten, kami terus mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi," kata Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangan tertulis, Rabu, (19/1/2022).

Catherine menjelaskan, inovasi ini sengaja dihadirkan untuk mendukung proses operasional pemesanan makanan pada fitur Order Sekaligus. Order Sekaligus merupakan salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan atau minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi, melalui satu pengiriman. Hingga kini, fitur Order Sekaligus bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini telah meningkat 8 kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020.

Tak hanya itu, inovasi teranyar ini juga bisa memudahkan kerja mitra driver. Sebab robot ini akan mengonsolidasikan pesanan dari beberapa merchant yang berada di foodcourt sehingga mitra driver cukup mengambil pesanan di satu titik pengumpulan (pick up point).

Catherine mengatakan pengadopsian teknologi robot ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya akan dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG) hingga sekitar pertengahan Maret 2022 mendatang.

"Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta mitra driver. Robot otomatis ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh mitra yang melayani pesanan pelanggan," tambah Catherine.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia Calvin Lukmantara mengatakan, pihaknya begitu antusias menjalin kolaborasi dengan GoFood. Menurutnya, hal tersebut didasari karena Pudu Robot memiliki kepercayaan yang sama dengan Gojek bahwa teknologi mampu membuat hidup menjadi lebih mudah.

"Sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu kami sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan," kata Calvin.

Untuk kehebatan robot sendiri, Calvin menjelaskan, Bellabot telah dibalut dengan teknologi yang canggih. Bahkan, sensor 3D dan kerangka modular yang terdapat pada Bellabot dapat membuat robot tersebut lebih aman apabila terhalang suatu objek.

Untuk pengoperasian robot ini pun tergolong mudah dan modern. Calvin mengungkapkan, robot ini bisa dioperasikan dengan banyak cara seperti melalui suara hingga berupa sentuhan. Bellabot juga memiliki kemampuan navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi.

"Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot di salah satu fiturnya," tutup Calvin.



Simak Video "3 Fitur Terbaru yang Diluncurkan Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)