Google Tuding Apple Pakai iMessage untuk Bully Pengguna Android

Google Tuding Apple Pakai iMessage untuk Bully Pengguna Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 07:45 WIB
imessage iphone
Google Tuding Apple Pakai iMessage untuk Bully Pengguna Android Foto: Istimewa
Jakarta -

Petinggi Google menuding Apple sengaja memanfaatkan bullying dan peer pressure di iMessage sebagai strategi untuk menarik pengguna Android agar beralih ke iPhone.

Seperti diketahui, iMessage memiliki beberapa fitur yang eksklusif untuk pengguna iOS. Salah satunya, pesan yang diterima di iMessage dari pengguna Android tampil dengan bubble berwarna hijau, bukan biru seperti tampilan pesan iOS yang default.

Ini membuat bubble biru di iMessage sebagai simbol status untuk penggunanya yang berusia remaja. Karena muncul dengan gelembung hijau di grup iMessage dianggap memalukan, banyak pengguna Android, terutama yang berusia remaja, merasa terasingkan dan beralih ke iPhone.

Laporan terbaru dari The New York Times menyoroti dinamika ini dan mendorong Head of Android Hiroshi Lockheimer untuk berkomentar.

"Apple iMessage lock-in adalah strategi yang sudah diketahui," kata Lockheimer dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari The Verge.

"Menggunakan peer pressure dan bullying sebagai cara untuk menjual produk adalah tindakan yang tidak jujur untuk perusahaan yang memiliki kemanusiaan dan kesetaraan sebagai inti dari pemasarannya. Standar sudah ada saat ini untuk menyelesaikan ini," imbuhnya.

Strategi Apple ini sudah diketahui sejak lama, tapi email internal yang dikirimkan oleh petinggi Apple yang terkuak saat kasus hukum dengan Epic Games menguatkan betapa krusialnya strategi ini untuk Apple.

Dari dokumen tersebut terungkap bahwa Apple berencana menghadirkan iMessage di Android untuk menarik lebih banyak pengguna. Tapi rencana itu dibatalkan karena dianggap bakal lebih merugikan Apple.

Kritik dari Google ini juga tentu ada maksud lainnya. Jika Apple menyediakan iMessage untuk Android, Google juga akan sangat diuntungkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google juga mengajak produsen iPhone itu untuk mendukung standar berkirim pesan baru bernama RCS yang akan menggantikan SMS. Hal ini juga ditekankan Lockheimer dalam cuitan selanjutnya.

"Kami tidak meminta Apple untuk membuat iMessage tersedia di Android. Kami meminta Apple untuk mendukung standar industri untuk perpesanan modern (RCS) di iMessage, seperti mereka mendukung standar SMS/MMS," tulisnya.



Simak Video "Intip Bocoran Fitur Baru yang Bakal Hadir di iPhone 15 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)