Duh! Game Flight Simulator Jadi Bahan Video Hoax Pesawat Garuda

ADVERTISEMENT

Duh! Game Flight Simulator Jadi Bahan Video Hoax Pesawat Garuda

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 11 Jan 2022 18:18 WIB
Duh, Game Flight Simulator Jadi Bahan Hoax Pesawat Garuda
Duh, Game Flight Simulator Jadi Bahan Hoax Pesawat Garuda (Foto: Screenshot Youtube Bopbibun)
Jakarta -

Beredar video hoaks di internet, terkait pesawat Garuda Indonesia yang tengah kesulitan melakukan pendaratan. Padahal, itu merupakan salah satu cuplikan dari game simulator berjudul X-Plane 11.

Dari penelusuran detikINET, Selasa (11/1/2022) video pendek berdurasi 37 detik yang tersebar di dunia maya tersebut, dicomot dari channel Youtube gamer bernama Bopbibun. Di akunnya, ia memang kerap mempublikasikan konten, mengenai permainan simulator pesawat garapan Laminar Research ini.

Untuk tayangan aslinya sendiri, berdurasi sekitar 7 menit 13 detik dan berisi tentang berbagai macam kejadian pendaratan darurat. Di mana sudah di-upload sejak tanggal 2 Mei 2020. Bahkan sang Youtuber sudah memberikan pernyataan di deskripsi, bahwa apa yang ditunjukkannya bukan sebuah kejadian nyata.

"Ini hanya simulasi penerbangan. Situasi di dalamnya tidak nyata. Semua yang ada di video ini, tidak terjadi di kehidupan nyata. Karena situasinya hanya sebuah tayangan, yang saya coba dalam flight simulation," tulis Bopbibun, dikutip detikINET dari Youtube.

Hanya saja, masih ada netizen Indonesia yang mempercayai hal tersebut merupakan sebuah kenyataan. Ini terjadi di platform media sosial burung biru, yakni Twitter. Beserta video yang di-upload, salah satu akun Twitter memberikan caption tambahan yang menyesatkan, "Insiden Garuda Indonesia di Iran. Semoga semua baik-baik saja."

Sontak postingan tersebut menuai beragam reaksi dari pengguna Twitter lainnya. Namun kebanyakan dari mereka menegaskan, apa yang ditampilkan merupakan hoax.

X-Plane 11 sendiri merupakan game Flight Simulator yang tersedia untuk PC. Rilis pada 30 Maret 2017, gamer bisa mendapatkannya di Steam dengan harga Rp 399.999. Di sini pemain akan berperan layaknya seorang pilot profesional yang menerbangkan pesawat.

Bila ingin memainkannya, pastikan memiliki spek PC yang layak. Setidaknya ditenagai Intel Core i3 dan ter-install Windows 7 64-bit. Lalu memiliki RAM 8 GB, melalui dukungan kartu grafis NVIDIA atau AMD 512 MB VRAM. Terakhir pastikan menyiapkan ruang penyimpanan sebesar 20GB.



Simak Video "Menag Khawatir Maraknya Penyebaran Hoax Berkedok Dakwah"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT