Karyawan Keracunan Makanan, Pabrik Apple di India Tutup

Karyawan Keracunan Makanan, Pabrik Apple di India Tutup

ADVERTISEMENT

Karyawan Keracunan Makanan, Pabrik Apple di India Tutup

Josina - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 21:13 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Pamasok Apple Foxconn dilaporkan telah menutup pabriknya di India yang berlokasi di Chennai, India Selatan. Penutupan ini dilakukan setelah adanya insiden keracunan makanan pada ratusan karyawan.

Aksi protes pun dilakukan, diketahui ada 150 karyawan yang keracunan makanan, tapi kini sudah mendapatkan perawatan insentif di rumah sakit. Menurut laporan dari Reuters, berita ini datang dari tiga sumber pemerintah yang tahu akan masalah tersebut.

Puluhan orang dilaporkan telah memblokir jalanan raya utama akibat insiden tersebut. Namun polisi pun kini sudah membebaskannya setelah sempat ditahan sebagaimana dilansir detiKINET dari Gizmochina, Jumat (24/12/2021).

Sumber tersebut mengatakan bahwa pabrik telah kosong sejak Selasa (21/12) di mana hanya terlihat beberapa mobil termasuk kendaraan miliki polisi yang terparkir di luar.

Selain itu juga tidak nampak para pekerja di lokasi hanya ada penjaga pos dan beberapa petugas keamanan lainnya yang terlihat.

Sayangnya baik Apple dan Foxconn belum memberikan pernyataan apapun terkait insiden tersebut.

Diketahui pabrik ini telah memproduksi model iPhone 12 di India, dan juga produksi uji coba untuk seri iPhone 13 juga sedang berlangsung saat ini.

Di sisi lain, gangguan di pabrik Foxconn juga terjadi ketika Apple menghadapi kelangkaan rantai pasokan yang telah memengaruhi produksi untuk berbagai perangkat elektroniknya. Pada Oktober lalu, Apple bahkan telah menyatakan bahwa rantai pasokan juga akan memburuk selama musim liburan.



Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT