TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga di Dunia

TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga di Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 20:55 WIB
TikTok
TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga di Dunia (Foto: Unsplash/Kon Karampelas)
Jakarta -

Popularitas TikTok dalam beberapa tahun belakangan ini terus meroket. Bahkan aplikasi video singkat ini diramalkan akan menjadi media sosial terbesar ketiga di dunia pada tahun 2022.

Perusahaan riset pasar Insider Intelligence baru-baru ini merilis prediksinya untuk perkembangan jumlah pengguna media sosial tahun depan. Dalam laporannya, Insider Intelligence mengatakan TikTok akan memiliki 755 juta pengguna aktif bulanan pada tahun 2022, meningkat 40,8% dari tahun 2021.

Mereka juga memprediksi Facebook akan memiliki 2,1 miliar pengguna aktif tahun depan, diikuti dengan Instagram dengan 1,28 miliar pengguna. TikTok berada di posisi ketiga, diikuti oleh Snap dan Twitter.

"Kebangkitan TikTok sangat menantang bagi Snapchat, di mana mereka bersaing secara langsung untuk audiens berusia muda," kata Principal Analyst Insider Intelligence Debra Aho Williamson, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (21/12/2021).

"Meski TikTok tidak memiliki banyak kemiripan dengan Twitter, ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan platform yang lebih mapan adalah cerminan yang jelas dari sifat adiktif konten TikTok," sambungnya.

Prediksi Insider Intelligence ini agak berbeda dari laporan resmi Facebook. Dalam laporan keuangan terbarunya, Facebook melaporkan memiliki 2,91 miliar pengguna aktif. Sementara Instagram belum lama ini dikabarkan memiliki dua miliar pengguna aktif.

Insider Intelligence mengatakan mereka menggunakan perhitungan yang berbeda. Mereka memiliki definisi pengguna aktif bulanan yang mungkin berbeda dari yang diukur oleh masing-masing platform.

Misalnya, Insider Intelligence hanya menghitung pengguna yang login setidaknya sekali dalam satu bulan dan mereka juga tidak memasukkan akun palsu dalam perhitungannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan perbandingan yang lebih konsisten antar platform.

Lonjakan popularitas TikTok memang tidak terbendung dalam dua tahun terakhir. Sensor Tower melaporkan aplikasi besutan ByteDance ini sudah diunduh lebih dari dua miliar kali di Google Play Store dan Apple App Store pada kuartal pertama tahun 2020.

Pada Juli 2021, Sensor Tower mengatakan TikTok (termasuk Douyin di China) jadi aplikasi mobile non-Facebook pertama yang sudah diunduh lebih dari tiga miliar kali di Play Store dan App Store.

Insider Intelligence memperkirakan jumlah pengguna TikTok masih akan berkembang 15,1% pada tahun 2022. Pangsa pasar mereka juga akan mencapai 20%, dan akan naik hingga 25% pada tahun 2024.



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)