Metaverse Ditakutkan Jadi 'Dunia Tipu-tipu'

ADVERTISEMENT

Metaverse Ditakutkan Jadi 'Dunia Tipu-tipu'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 20 Des 2021 11:50 WIB
Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Fokus Pengembangan Metaverse
Rapat di dunia metaverse. Foto: DW (News)
Jakarta -

Jagat metaverse tengah digaungkan dengan kencang oleh Meta selaku induk perusahaan Facebook dan belakangan juga diikuti oleh perusahaan lain karena diyakini sebagai masa depan internet. Namun beberapa pihak menyuarakan kekhawatirannya mengenai metaverse, salah satunya whistleblower Facebook ini, Frances Haugen.

Haugen belakangan banyak jadi berita lantaran ia membocorkan bahwa Facebook disebut membiarkan saja konten yang menghasut lalu lalang di media sosial ketimbang melindungi para user. Kemudian bahwa Facebook juga punya sistem yang membuat user terkenal dapat lolos dari aturan yang diberlakukan untuk pengguna biasa.

Dalam metaverse yang dikampanyekan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, para user akan memiliki avatar yang akan mewakili dirinya di jagat online. Menurut Frances, hal ini bisa berdampak buruk karena menjadi semacam dunia tipu-tipu yang membuat penggunanya jadi minder sendiri di dunia nyata.

"Saat Anda masuk ke metaverse, avatar Anda lebih tampan atau lebih cantik. Pakaian Anda lebih bagus dari di dunia nyata. Apartemen lebih stylish, lebih tenang," katanya, seperti dikutip detikINET dari Independent.

"Kemudian Anda melepaskan headset dan membersihkan gigi pada malam hari. Dan mungkin saja Anda tidak lagi menyukai diri Anda di kaca," tambahnya.

"Saya sangat cemas orang akan melihat apartemen mereka, yang tidak sama bagus, dan melihat wajah atau tubuhnya, yang tidak sama baik dan berkata, lebih baik saya memakai headset. Saya tidak mendengar Facebook punya rencana jelas tentang (fenomena) itu," lanjutnya.

Selain itu mungkin ada masalah lain terkait mikrofon atau kamera yang dapat memata-matai aktivitas pengguna. Bisa saja pengguna tidak diterangkan dengan jelas mengenai hal ini saat masuk ke dunia metaverse.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT