Duh! Kalung Anti-5G Ini Ternyata Mengandung Radioaktif

Duh! Kalung Anti-5G Ini Ternyata Mengandung Radioaktif

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 19 Des 2021 17:30 WIB
Kalung anti-5G yang ternyata mengandung radioaktif
Duh! Kalung Anti-5G Ini Ternyata Mengandung Radioaktif Foto: Dok. Rijksinstituut voor Volksgezondheid en Milieu
Jakarta -

Pengikut teori konspirasi banyak yang meyakini bahwa 5G akan memancarkan radiasi yang membahayakan bagi manusia. Mereka pun menciptakan berbagai aksesoris untuk melawan radiasi 5G, yang ternyata justru mengandung radioaktif.

Otoritas Belanda untuk keamanan nuklir dan perlindungan radiasi (ANVS) belum lama ini mengeluarkan peringatan tentang 10 produk yang diketahui mengeluarkan radiasi pengion yang berbahaya.

Beberapa produk yang ditemukan mengandung radiasi pengion adalah kalung 'quantum pendant', masker tidur, gelang, dan kalung bermerek Energy Armor, serta gelang untuk anak-anak bermerek Magnetix Wellness.

ANVS mengatakan level radiasi pengion yang ditemukan di produk-produk ini memang kecil. Tapi mereka tetap mengimbau pemiliknya untuk menjauhkan produk-produk ini karena penggunaan dalam jangka panjang bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

"Paparan terhadap radiasi pengion bisa menyebabkan dampak kesehatan yang merugikan. Karena potensi risiko kesehatan yang ditimbulkannya, produk yang mengandung bahan radioaktif dilarang oleh hukum," kata ANVS dalam laporannya, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (19/12/2021).

"Radiasi pengion dapat merusak jaringan dan DNA dan bisa menyebabkan, contohnya, kulit memerah. Hanya tingkat radiasi rendah yang diukur pada produk-produk ini," sambungnya.

ANVS menambahkan penggunaan produk ini dalam jangka panjang secara terus menerus, misalnya selama 24 jam atau satu tahun, bisa menyebabkan kulit terekspos tingkat radiasi yang melebihi batas wajar yang berlaku di Belanda.

Tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa jaringan 5G berbahaya untuk kesehatan. WHO mengatakan jaringan 5G aman, dan tidak ada perbedaan besar antara jaringan 5G dengan 4G dan 3G yang sudah ada saat ini.

Tapi pernyataan ini tidak membuat pengikut teori konspirasi jera. Mereka justru menjual perangkat anti-5G yang diklaim bisa melindungi penggunanya dari radiasi tapi ternyata tidak memiliki manfaat apa-apa.

Ini bukan pertama kalinya perangkat anti-5G dicekal oleh otoritas. Pada Mei 2020, otoritas Inggris menghentikan penjualan flash disk seharga 339 Poundsterling yang diklaim bisa melindungi pengguna dari 5G. Selain itu ada juga stiker anti radiasi yang dijual di Amazon.



Simak Video "Korsel Nomor 1 soal Kecepatan Download di Jaringan 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)