6 Tren yang Bakal Ramai Dibicarakan Netizen di Twitter Tahun Depan

6 Tren yang Bakal Ramai Dibicarakan Netizen di Twitter Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 17 Des 2021 08:46 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
6 Tren yang Bakal Ramai Dibicarakan Netizen di Twitter Tahun Depan Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Twitter baru saja membagikan daftar #HanyadiTwitter2021 yang berisi daftar topik dan akun yang banyak dibicarakan oleh netizen Indonesia sepanjang tahun. Media sosial berlogo burung ini juga mengungkap enam tren yang diprediksi akan banyak dibicarakan di platform-nya pada tahun 2022.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah mengatakan prediksi ini dibuat dengan menganalisa miliaran percakapan yang ada di Twitter dalam beberapa tahun belakangan dan melihat arah pergerakannya. Meski begitu, ia mengakui bahwa tren di Twitter bisa berubah dalam hitungan hari bahkan jam.

Pria yang biasa disapa Ade ini mengungkap salah satu tren yang akan banyak dibicarakan tahun depan adalah wellbeing atau kesejahteraan. Sebenarnya topik ini sudah mulai banyak dibicarakan tahun ini dengan cuitan tentang kesehatan mental, self love, dan self care.

"Orang sudah mulai aware bahwa hidup di pandemi ini sudah berat. Mereka stress, mereka tertekan dan ini menjadi yang bisa dibilang penting untuk semua orang bisa cope," kata Ade dalam wawancara dengan detikINET, Kamis (16/12/2021).

Tren selanjutnya adalah komunitas kreator digital yang terus tumbuh di Indonesia. Ia mencontohkan bagaimana percakapan seputar non-fungible token (NFT) di Indonesia kini dipimpin oleh kolektif seperti Superlative Secret Society.

Karena pandemi diprediksi masih bertahan hingga tahun 2022, Twitter memperkirakan netizen masih akan membicarakan topik hiburan untuk lari dari kenyataan dan mencari distraksi. Ade mencontohkan di tahun 2021 beberapa tagar yang banyak dibicarakan antara lain #ikatancinta, #attackontitan, dan #genshinimpact.

Tren percakapan lainnya terkait dengan lingkungan di mana banyak orang memilih pindah untuk bisa tinggal lebih dekat dengan alam. Twitter juga memprediksi orang Indonesia akan membicarakan pemanfaatan teknologi, terutama platform e-commerce.

Terakhir, Ade mengatakan Twitter melihat pengguna di Indonesia akan memanfaatkan platform-nya untuk semakin menunjukkan identitas dirinya, misalnya untuk menyuarakan dukungan kepada tim sepakbola favoritnya, atau membicarakan idola K-pop favoritnya.

"Dari enam tren ini sebenarnya kita akan antisipasi terus terjadi, terlepas dari nanti ada tren setiap harinya yang berbeda," pungkasnya.



Simak Video "Resmi Beli Twitter, Elon Musk Ingin Ciptakan 'Free Speech'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)