Notepad di Windows 11 Diperbarui, Ada Dark Mode Lho

Notepad di Windows 11 Diperbarui, Ada Dark Mode Lho

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 13 Des 2021 07:16 WIB
Lenovo Windows 11
Foto: dok Lenovo
Jakarta -

Microsoft terakhir memperbarui Notepad pada 2018 lalu, dan kini akhirnya mereka memperbarui aplikasi text editor tersebut untuk Windows 11.

Pada pembaruan kali ini Microsoft mencoba menebus lambatnya kehadiran pembaruan tersebut dengan melakukan perubahan UI besar-besaran, termasuk pinggiran yang membulat, tampilan menu baru, dan juga laman pengaturan baru.

Tampilan antarmukanya ini diperbarui menggunakan Mica, sebuah tampilan antarmuka dinamis yang cukup transparan, sehingga warnanya akan mengikuti warna laman yang ada di belakangnya, seperti wallpaper yang dipakai di desktop.

Hal yang juga baru dari Notepad adalah dark mode, di mana pengguna bisa mengaktifkannya lewat laman pengaturan. Namun khusus untuk yang sudah mengaktifkan dark mode di Windows 11, Notepad akan mengikuti pengaturan dark mode dari Windows 11.

Soal kemampuan pengolahan teks pun ada fitur baru. Yaitu fitur search/find/replace yang lebih baik, serta terlihat lebih modern dan lebih mudah digunakan, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (13/12/2021).

Lalu pengembang Notepad pun menambahkan fitur undo multi level, yang kabarnya merupakan fitur paling banyak diminta oleh komunitas.

Microsoft pun mengaku mengetahui kalau Notepad versi sebelumnya masih punya beberapa bug yang perlu diperbaiki, dan mereka berjanji akan memperbaiki masalah itu ke depannya.

Notepad baru untuk Windows 11 ini baru tersedia untuk Windows 11 Insider, dan bisa ditemukan lewat Microsoft Store. Pengguna Windows 11 non Insider tentu harus bersabar untuk bisa menjajal Notepad anyar.

Pada pembaruan yang dirilis 2018, Notepad memperkenalkan beberapa hal baru seperti shortcut baru dan peningkatan fitur find/replace serta word-wrap. Namun setelahnya, tak ada pembaruan sama sekali untuk Notepad.

Di sisi lain, text editor buatan pihak luar Microsoft terus berkembang, baik yang gratis maupun berbayar, seperti Sublime Text, Notepad++, dan Atom.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)