Google Kembali Gelar Program Bangkit, Incar 3.000 Talenta Digital

Google Kembali Gelar Program Bangkit, Incar 3.000 Talenta Digital

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 19:00 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Google Kembali Gelar Program Bangkit, Incar 3.000 Talenta Digital Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Google akan kembali menggelar program Bangkit untuk angkatan ketiga pada tahun 2022. Program pelatihan talenta digital untuk mahasiswa ini sebelumnya telah digelar pada tahun 2020 dan 2021.

Google mengatakan kelas Bangkit yang diadakan pada tahun 2021 terbilang sukses sehingga mereka kembali mengadakan program pelatihan tersebut di tahun depan. Untuk program Bangkit tahun depan, Google menyediakan 3.000 kursi untuk mahasiswa yang tertarik mendaftar.

"Secara total, kita sudah ada lebih dari 2.500 peserta yang berhasil lulus dari program Bangkit. Dan yang lebih membanggakan lagi, 30% dari yang lulus adalah perempuan, bahkan hampir 70% berasal bukan dari kota-kota besar," kata Head of Brand Marketing Google Indonesia Muriel Makarim dalam press briefing virtual, Kamis (2/12/2021).

"490 lulusan Bangkit juga sudah berhasil menemukan pekerjaan atau magang di bidang teknologi. Tentu kita bangga karena tujuannya kita ingin mempermudah para peserta untuk mendapatkan pekerjaan di bidang IT," imbuhnya.

Sama seperti program Bangkit sebelumnya, Google kembali bekerjasama dengan program Kelas Merdeka yang diadakan Kemendikbudristek. Mereka juga menggandeng GoTo, Traveloka, dan 15 universitas mitra.

Pendaftaran untuk program Bangkit telah dibuka dan akan ditutup pada 31 Desember 2021. Program ini akan dimulai pada Februari 2022 dan berlangsung selama satu semester.

Nantinya, peserta yang terpilih bisa memilih satu dari tiga topik pelajaran yang ditawarkan yaitu machine learning, pengembangan mobile Android, dan cloud computing. Google juga akan menghadirkan dua materi tambahan yaitu modul khusus untuk peserta yang tidak memiliki latar belakang IT dan modul Bahasa Inggris.

Setelah lulus dari program Bangkit, peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai topik yang dipilih. Lulusan program Bangkit juga bisa memperoleh hingga 20 SKS dan menjadi salah satu dari 15 tim terpilih yang akan mendapatkan pendanaan dari Google untuk ide bisnis mereka.

"Tentu ini nantinya kita harapkan bisa jadi cikal bakal startup di Indonesia," ucap Muriel.



Simak Video "Google Akan Berikan Pelatihan IT Gratis untuk 10 Ribu Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)