Google Bagikan Beasiswa IT Rp 28 Miliar untuk Pencari Kerja di Indonesia

Google Bagikan Beasiswa IT Rp 28 Miliar untuk Pencari Kerja di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 15:07 WIB
Grow with Google digelar di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (18/2). Dalam acara Kemendikbud ingin anak Indonesia bisa computational thinking.
Google Bagikan Beasiswa IT Rp 28 Miliar untuk Pencari Kerja di Indonesia Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Google mengumumkan beberapa inisiatif terbarunya dalam acara Google for Indonesia 2021. Dua program di antaranya fokus untuk mengembangkan talenta digital di Indonesia, termasuk program Google Career Certificates.

Program ini sebelumnya telah diluncurkan di Amerika Serikat tahun lalu, dan sekarang dibawa ke Indonesia. Head of Brand Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan program ini diluncurkan untuk membantu pekerja Indonesia yang terdampak pandemi untuk meraih keterampilan digital baru.

"Di sini kita melihat bagaimana pandemi membuat tingkat pengangguran makin tinggi di Indonesia, khususnya di kalangan muda. Kalau kita lihat data BPS, peningkatan pengangguran terbesar di kelompok usia 20-29 tahun," kata Muriel dalam press briefing virtual, Kamis (2/12/2021).

"Nah hal ini yang mendukung kami untuk menghadirkan program global bernama Google Career Certificates ke Indonesia," sambungnya.

Untuk membantu menjangkau lebih banyak peserta, terutama yang berasal dari kalangan kurang mampu, Google lewat lengan filantropinya Google.org akan membagikan hibah senilai USD 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

Hibah ini akan disalurkan kepada organisasi nirlaba INCO yang bermitra dengan yayasan Plan International Indonesia. Hibah ini akan membiayai beasiswa untuk 10.000 orang agar bisa mengikuti program Google IT Support Certificate melalui platform pembelajaran online Coursera.

Ada empat jurusan yang bisa dipilih yaitu IT support, manajemen proyek, desain UX, dan analisis data. Tapi untuk saat ini program yang tersedia hanya IT support, sementara yang lainnya akan menyusul. Semua program pelatihan akan tersedia secara online dan bisa diakses secara fleksibel sesuai jadwal peserta.

Kursus online ini akan mencakup pelatihan selama 200 jam dan akan selesai dalam waktu sekitar enam bulan. Nantinya peserta akan dilatih dasar-dasar IT networking, sistem operasi, dan coding yang bisa dimanfaatkan untuk mendaftar pekerjaan entry-level di bidang IT.

Tidak hanya bantuan dana beasiswa, peserta yang terpilih juga akan mendapatkan dukungan tambahan seperti tutor, mentor, pelatihan kesiapan kerja, dan dibantu mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan. Google juga sudah membentuk konsorsium rekruitmen berisi perusahaan mitra yang siap mempekerjakan peserta setelah lulus dari program sertifikasi.

"Dari perusahaan dalam negeri, luar negeri, ada Wings, Gojek, ada juga Accenture. Kami berharap Google Career Certificates ini bisa membantu membuat peluang karier yang semakin besar untuk ribuan orang," pungkas Muriel.



Simak Video "Google: Indonesia Lebih Baik dari Negara Lain Soal Inisiatif Aman Berinternet"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)