Debat Seru Netizen di Twitter Soal Toilet SPBU Harus Gratis

Debat Seru Netizen di Twitter Soal Toilet SPBU Harus Gratis

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 22:35 WIB
PT Pertamina (Persero) menaikan harga dua produk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi per 18 September 2021. Dua produk tersebut berupa Pertamax Turbo RON 98 dan Pertamina Dex.
Netizen berdebat soal Menteri BUMN Erick Thohir meminta toliet SPBU digratiskan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Jagat Twitter sampai malam ini ramai dengan netizen membahas toilet SPBU harus gratis. Pro atau kontra nih?

Adu pendapat soal toilet SPBU harus gratis ini awalnya dari Menteri BUMN Erick Thohir menyoroti toilet di SPBU Pertamina berbayar. Dalam video yang diunggah lewat akun Instagram @erickthohir, dia meminta Pertamina segera lakukan perbaikan.

Erick Thohir menegaskan layanan toilet di semua SPBU Pertamina, baik yang dimiliki sendiri maupun yang bermitra harus gratis. Menurutnya, bisnis SPBU sudah meraup untung dari jualan bensin, bahkan di beberapa SPBU juga ada toko kelontongnya.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki," kata Erick.

[Gambas:Instagram]

Netizen pun ramai membahasnya di Twitter sepanjang hari ini, Selasa (23/11/2021). Dipantau detikINET sampai malam ini, SPBU masih menjadi trending topic di Twitter dengan 9.849 tweet.

Tampaknya netizen terbelah, ada yang pro supaya toilet SPBU gratis. Ada lagi yang tidak keberatan asal benar dirawat dan dijaga kebersihannya. Ada juga kritik balik kepada Erick Thohir agar mengurusi hal yang lebih penting di negara ini.

Inilah sebagian pendapat yang pro, kontra dan kritik baliknya:

"Itu sangat benar. Krn toilet dll adalah bagian pelayanan SPBU. Mari kita blajar ke negara lain seperti AS," kata @pandapot***.

"Betul. Salut buat pak Erick Tohir. Masa SPBU sebesar dan semegah itu urusan toilet hrs minta2 dri pelanggan utk membayar haji cleaning service?" kata @id_ma***.

"Saya rutin pagi hari dari Jakarta ke arah Merak, semua SPBU di Rest Area tol Tangerang sampai Merak berbayar tuh. Tapi saya fine saja toh toiletnya bersih terawat tidak bau saat kita masuk. Kalau nanti gratis lalu jadi jorok ya buat apa gunanya," kata @priat***.

"Setelah toilet spbu gratis, selanjutnya PCR gratis, aamiin," kata @ekopra***.

"Daripada gratiskan toilet di SPBU, lebih baik gratiskan PCR!" kata @waras***.



Simak Video "Siasat Erick Minta Gratiskan Toilet SPBU Dinilai Jitu Kerek Popularitas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)