Soal Teknologi Hawkeye, Ramai Dibahas karena Rugikan Kevin-Marcus

Soal Teknologi Hawkeye, Ramai Dibahas karena Rugikan Kevin-Marcus

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 21 Nov 2021 13:30 WIB
Kevin/Marcus
Soal Teknologi Hawkeye, Ramai Dibahas karena Rugikan Kevin-Marcus. Foto: (Humas PP PBSI)
Jakarta -

Perusahaan Hawk-Eye Innovation mengeluarkan pernyataan maaf atas kesalahan Hawkeye yang merugikan Kevin-Marcus di semifinal Indonesia Masters 2021. Sebenarnya, apa itu Hawkeye?

Hawk-Eye adalah sistem kamera yang melacak lintasan bola selama pertandingan, sebagaimana melansir Harrod Sport. Ini adalah alat paling canggih yang digunakan dalam olahraga dan digunakan di banyak olahraga.

Hawk-Eye adalah perusahaan pertama yang menerima lisensi FIFA Goal Line Technology (GLT), teknologi ini sekarang digolongkan sebagai penyedia GLT yang paling akurat, andal, dan berpengalaman.

Olahraga apa yang menggunakan Teknologi Hawk-Eye?

Teknologi ini digunakan di berbagai macam olahraga mulai bulutangkis, kriket, sepakbola, tenis, rugby, voli, dan hoki es. Juga, teknologinya dapat digunakan untuk olahraga berkuda.

Mengapa olahraga menggunakan teknologi Hawk-eye?

Teknologi ini memungkinkan ofisial untuk membuat keputusan yang cepat dan akurat untuk mencoba dan mengganggu permainan seminimal mungkin. Alat ini dibuat dengan tujuan permainan lebih adil bagi pemain dan ofisial karena keputusannya cenderung lebih akurat ketimbang manual. Keuntungan utama dari jenis teknologi ini adalah memberikan kemampuan kepada penyiar untuk meningkatkan pengalaman menonton bagi penggemar di rumah.

Hawk-Eye Innovation menuangkan pernyataan maaf melalui laman resmi BWF. Setelah melakukan peninjauan ulang, pihak BWF, Infront Pan-Asia, dan Hawk-Eye Innovation kemudian memastikan telah terjadi kesalahan di pertandingan Kevin-Marcus vs Ong Yew Sin-Teo Ee Yi dari Malaysia.

"Hawkeye mengakui keputusan yang diambil salah, dan memohon maaf terkait hal ini, terutama kepada Gideon, Sukamuljo, Ong, dan Teo, juga kepada BWF atas kesalahan yang terjadi," bunyi pernyataan pihak Hawkeye Innovation seperti dikutip dari laman resmi BWF.



Simak Video "French Open 2021: Marcus/Kevin Gagal di Final, Jepang Sabet 3 Gelar"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)