Kargo Ducati Dibongkar, Netizen Luar Negeri Ikut Marah

Kargo Ducati Dibongkar, Netizen Luar Negeri Ikut Marah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 11 Nov 2021 19:27 WIB
Jakarta -

Kecaman atas unboxing kargo motor Ducati bukan cuma dari netizen Indonesia. Netizen di luar negeri juga memprotesnya.

Pelaku unboxing ini adalah oknum pegawai yang kini sudah dipecat dan juga seorang YouTuber dari Lombok. Kargo peserta balap WSBK ini hanya boleh dibuka bea cukai dan tim pemilik kargo.

Drama menjelang gelaran World Superbike Mandalika 2021, ditanggapi dengan kemarahan netizen Indonesia. Namun ternyata bukan mereka saja, netizen luar negeri juga sama kesalnya.

Unboxing ini diberitakan oleh media asing, Speedweek. Seperti dilihat detikINET, Kamis (11/11/2021) sejumlah komentar berbahasa Jerman juga meramaikan pemberitaan Speedweek tersebut.

Ada beberapa komentar bernada rasis dan tidak sopan yang ditujukan kepada Indonesia. Intinya mereka mengkhawatirkan terjadi spionase antar pabrikan motor, akibat kargo yang dibuka ilegal di Indonesia.

"Si (kata rasis) pasti sudah mengukur, memfoto dan sinar X semuanya. Nanti tahun 2023, CF Moto ikutan WSBK pakai tiruan Ducati V4," kata user bernama Tonicar.

Sebagian lainnya memprotes kenapa bisa sampai kecolongan. Ada pihak yang tidak berhak di Indonesia bisa ikut bongkar kargo dan pegang-pegang motor tim balap WSBK. Mereka kesal dan geram.

"Tidak dibenarkan seseorang sampai pegang-pegang motor itu! Tidak terbayang kargonya sampai dibuka seperti itu," kata netizen dengan nama Jickles yang kesal.

"Pasti kargonya disegel kan, dan cuma Bea Cukai yang boleh membukanya. Tapi tampaknya itu tidak mencegah orang membongkarnya," sindir Loadstar77.

"Segel kargo sekarang bisa dibuka pakai gunting pohon. Kabel tembaga sudah ketinggalan zaman," kata CurvaFurioso yang menduga oknum dari Indonesia yang viral itulah yang membuka kargonya.

Meskipun, sudah ada penjelasan dari pihak Bea Cukai Indonesia bahwa mereka yang awalnya membuka kargo dan dibenarkan secara hukum. Namun setelah itu, diduga ada oknum pegawai dan YouTuber ikut datang ke lokasi kargo. Mereka memegang-megang dan membuat konten video.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group, meminta maaf atas heboh kargo motor milik tim Ducati dibongkar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MGPA juga menyayangkan adanya pihak yang tidak bertanggung jawab telah mendekati motor, mengambil video tanpa izin, dan mempublikasikan sehingga menimbulkan kesalahpahaman di antara pelaku industri balap motor.

Sementara itu, si YouTuber tersebut sudah menghapus videonya. Dia membuat klarifikasi dan permintaan maaf. Dia berkilah Bea Cukai membuka duluan dan mengaku tidak tahu kalau itu tidak boleh dipublikasikan. detikcom berusaha menghubunginya tapi tidak ada balasan dari yang bersangkutan.

Klarifikasi akun Youtube Soul Kuta Lombok perihal video unboxing motor Ducati di Sirkuit Mandalika.Klarifikasi akun Youtube Soul Kuta Lombok perihal video unboxing motor Ducati di Sirkuit Mandalika. Foto: Via Facebook
(fay/fyk)