Kargo Ducati Dibongkar, Instagram MGPA Diserbu Netizen

Kargo Ducati Dibongkar, Instagram MGPA Diserbu Netizen

Tim - detikInet
Kamis, 11 Nov 2021 18:12 WIB
Jakarta -

Menjelang gelaran World Superbike Mandalika 2021, Tim Ducati marah besar karena kargo motor milik pabrikan Italia itu dibuka secara ilegal oleh penyelenggara lokal. Padahal hanya Bea-Cukai yang berhak melakukannya.

Namun akhirnya pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group, meminta maaf atas heboh kargo motor milik tim Ducati dibongkar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MGPA juga menyayangkan adanya pihak yang tidak bertanggung jawab telah mendekati motor, mengambil video tanpa izin, dan mempublikasikan sehingga menimbulkan kesalahpahaman di antara pelaku industri balap motor.

"Kami meminta maaf kepada pecinta balap motor tanah air dan Internasional atas insiden yang terjadi," kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Antara, Kamis (11/11/2021).

Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla sampai meminta maaf. Sedangkan pekerja lokal tersebut dipecat. Namun urusannya tidak selesai di situ saja.

Video pria berbaju putih memegang-megang motor Ducati beredar luas di media sosial. Selain itu, ada video lain berupa konten YouTube menampilkan motor yang sudah terbuka dari YouTuber lokal Lombok.

Atas kejadian tersebut pun baik nama Ducati dan juga Mandalika menjadi trending topic di Twitter. Tak hanya di Twitter, akun Instagram MGPA yaitu @TheMandalikaGP pun digeruduk para netizen dengan kritikan pedas.

"Tolong dikasih binaan lagi ke panitia pelaksana agar tidak ada kejadian yang serupa di eventĀ² selanjutnya."

"Tolong untuk perekrutan staf di perketat lagi, supaya tidak bikin malu."

"Masih banyak SDM di Indonesia yg ngerti etika dan Regulasi... Evalusi segeraa."

"Baru mau mulai dah bikin malu min.. pakai tenaga profesional dong. Banyak banget tuh YouTuber MandalikaGP, entah di pekerjakan tim media atau pekerja yg Nyambi ngonten."

"Belum juga mulai udah bikin jelek nama mandalika gara gara orang norak unboxing gk ada aturan demi konten dan kelihatan keren malah bikin malu negara."

"SDM nya tolong dibina lagi, ini ajang internasional bukan tarkam, seluruh mata indonesia bahkan dunia tertuju ke Mandalika. Jgn asal unboxing motor orang tanpa paham regulasi. Kejadian ini sangat memalukan, semoga jadi pembelajaran bagi MGPA."

"Unboxing tuh paket dari shopee, bukannya motor ducati."

"Tolonglah @themandalikagp lebih ketat lagi pengawasannya, jangan sampe ada unboxing selanjutnya. Yg bikin kesalahan anak buah lo,yg malu warga Indonesia."

"Sirkuit udah kelas intrnasional tapi kualitas SDM?? Perlu banyak2 di beri informasi dan pengetahuan semua petugas lapangan kalau bisa jangan ada lagi oknum2 yg ngak Berkepentingan masuk ke area sirkuit pak, jangan gara2 hal sepele tahun depan bisa dibatalkan event2 besar ntuk sirkuit mandalika."

(jsn/fay)